alexametrics
Indonesia Masters 2020

Owi Minta Apriyani Untuk Sering Nonton Pertandingan Liliyana Natsir

15 Januari 2020, 18:14:07 WIB

JawaPos.com-Tanpa memeras banyak keringat, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu lolos ke babak kedua Indonesia Masters 2020.

Sebab, sang lawan yakni ganda campuran nomor satu Korea Selatan Seo Seung-jae/Chae Yu-jung menyatakan mundur dari pertandingan. Saat itu, Tontowi/Apriyani unggul 6-1 pada game pertama.

Ganda campuran peringkat enam dunia itu mundur karena Yu-jung mengalami cedera pada engkel kanannya. Pertandingan selesai hanya dalam tempo empat menit saja.

“Sebetulnya dari Malaysia (Masters 2020), kami juga dinyatakan lolos, tapi karena persiapan saya kurang, jadi saya nggak mau main. Di sini (Indonesia Masters 2020), memang sudah jalannya, dilancarin saja. Untuk target ke depannya, kami usaha saja menunjukkan yang maksimal,” ujar Tontowi dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Jawa Pos.

Ganda campuran nomor satu Korea Selatan Seo Seung-jae/Chae Yu-jung memutuskan mundur dari pertandingan. Sebab Yu-jung mengalami cedera. (Nafielah Mahmudah/PP PBSI).

Sebagai pasangan baru, Tontowi dan Apriyani masih ingin terus memantapkan kekompakan di lapangan. Keduanya juga selalu menjaga komunikasi. Baik itu di dalam ataupun di luar lapangan.

“Kalau di ganda putri, saya memang banyak di belakang, tapi nggak selalu di belakang terus. Kadang di depan juga, tergantung polanya. Di ganda campuran itu saya sudah tahu tugasnya apa. Makin ke sini, saya juga makin belajar,” kata Apriyani.

“Saya kasih tahu ke Apri untuk sering nonton (rekaman) pertandingan saya sama Cik Butet (Liliyana Natsir). Bukan berarti Apri harus main kayak Cik Butet. Tapi setidaknya dia tahu tugasnya apa. Jadi buat jaga kekompakkan saja,” tambah pemain yang meraih emas Olimpiade Rio 2016 bersama Liliyana Natsir itu.

Tontowi/Apriyani bisa berlaga di Indonesia Masters dalam kondisi serba mendadak.

Mereka berlaga nyaris tanpa persiapan. Tontowi/Apriyani awalnya berada di daftar tunggu ketiga.

Namun, mereka mendadak dinyatakan berhak bermain di babak kualifikasi. Sebab, ganda Singapura Danny Bawa Chrisnanta/Tan Wei Han memutuskan mundur.

Karena tidak berada di Jakarta, dua pasangan lain di daftar tunggu juga enggan berlaga. Yakni ganda Korea Selatan Kim Sa-rang/Kim Ha-na dan Dejan Ferdinansyah/Serena Kani asal Indonesia. Saat mendapatkan kabar, Dejan/Serena berada di Kudus, Jawa Tengah.

Jelang laga kualifikasi, mereka bahkan hanya latihan sekali, yakni setelah Natal. Namun Tontowi/Apriyani sukses lolos ke babak utama via kemenangan atas ganda campuran Thailand Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran dengan skor 21-16, 21-17 di Istora, Senayan, Jakarta (14/1).

Tontowi baru mendapatkan kabar kepastian bisa berlaga dari Apriyani pada pukul 10.00 WIB.

Padahal, jadwal bertanding mereka pada pukul 12.30 WIB. Posisi Tontowi waktu itu berada di Pelatnas Cipayung. Jadi, dia terburu-buru ke Istora. Bahkan, karena takut tidak tepat waktu, Tontowi meminta seorang kerabat yang bekerja di sektor patroli jalan raya untuk mengawalnya.

Pada babak kedua Indonesia Masters 2020 besok (16/1), Tontowi/Apriyani akan bertemu dengan pasangan suami-istri asal Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Editor : Ainur Rohman


Close Ads