alexametrics

Setelah Mercedes, Rossi Geber Ferrari di Balapan Ketahanan 12 Jam

14 Desember 2019, 19:46:35 WIB

JawaPos.com–Memasuki masa liburan musim dingin, jadwal balap Valentino Rossi malah makin sibuk. Selang tiga hari setelah bertukar kemudi dengan juara Formula 1 Lewis Hamilton di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia (9/12), legenda hidup MotoGP itu langsung terbang ke Abu Dhabi untuk turun di balapan ketahanan mobil Gulf 12 Hours di Sirkuit Yas Marina.

Kali ini dia menunggangi Ferrari.

Valentino Rossi (kanan) bersama Luca Marini bersiap melakukan latihan bebas Gulf 12 Hours.

Di sirkuit yang menjadi lokasi balapan penutup Formula 1 musim ini tersebut, Rossi turun bersama adiknya, Luca Marini, dan sang sahabat, Alessio Salucci, di bawah bendera Kessel Racing Team. Mobil yang dikendarai adalah Ferrari 488 GT3. Mobil itu dibalut livery khas Rossi kuning menyala lengkap dengan nomor kebesarannya, 46.

Selain Rossi, ada nama-nama beken lain yang turun di ajang tersebut. Salah satunya adalah mantan rival Rossi di MotoGP, yakni Loris Capirossi. Capirossi datang ditemani dua rekannya, Niki Cadel dan Alexis de Bernardi. Keduanya dikenal sebagai pembalap yang sudah berpengalaman di ajang balap ketahanan seperti itu.

Ajang 12 Hours of Abu Dhabi Endurance disebut-sebut sebagai penerus Monza Rally Show. Balapan wajib bagi Valentino Rossi untuk mengisi liburan jeda musim setiap Desember. Balapan ketahanan memang sangat diperlukan Rossi agar fisiknya tetap fit. Apalagi, pada Februari tahun depan, usianya menginjak 41 tahun.

Jika menelisik lagi, setelah balapan terakhir MotoGP di Valencia pada 17 November, Rossi belum sempat libur. Setelah melakoni dua hari tes postseason pertama di Valencia selang sehari setelah race penghabisan, seluruh rider MotoGP langsung bergeser ke Jerez pekan berikutnya.

Di sana mereka melakuan tes postseason kedua.

Rossi lantas membalap di ajang yang diinisiatori sendiri di ranch miliknya di Tavullia, Italia, yakni 100 Km dei Campioni. Itulah balapan ketahanan dengan menggunakan motor trail yang juga dilakukan secara tim.

Di event yang diikuti pembalap-pembalap top Eropa tersebut, Rossi keluar sebagai juara berpasangan dengan adiknya, Luca Marini. Hanya berselang sepekan, dia kembali ke Valencia untuk bertukar kemudi dengan Hamilton.

Kemarin sesi latihan bebas Gulf 12 Hours dilangsungkan. ’’Gulf 12 Hours sudah dimulai,’’ tulis keterangan foto aksi Rossi di Instagram.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c14/cak


Close Ads