alexametrics

Kali Pertama Sejak 28 Tahun, Indonesia Dipastikan jadi Host Piala Asia

14 April 2021, 15:59:04 WIB

JawaPos.com – FIBA Asia Cup 2021 dipastikan berlangsung sesuai rencana. Event tersebut digelar pada 17–29 Agustus mendatang di Istora Senayan. Kompetisi itu merupakan yang pertama setelah 28 tahun Indonesia menggelar Asian Basketball Confederation Championship pada 1993.

Kepastian tersebut didapat bersamaan dengan launching logo FIBA Asia Cup 2021 kemarin (13/4) di ruang konferensi pers Stadion Gelora Bung Karno. Dan FIBA Asia Cup 2021 menjadi turnamen internasional pertama yang digelar setelah pandemi mewabah di Indonesia tahun lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Eksekutif FIBA Asia Hagop Khajirian menyatakan, tidak ada opsi penundaan event. Hal itu didasari dengan tingginya kasus Covid-19 di Indonesia. Apalagi, babak kualifikasi windows ketiga pun akhirnya dibatalkan.

”Kami bisa membuat bubble. Semua akan terus dipantau sampai kegiatan berlangsung. Kalau ada penonton, mungkin lebih bagus. Kami juga sudah berkoordinasi dengan IOC Medical Commission untuk aturan penyelenggaraan,” kata pria asal Lebanon itu.

Khajirian berharap pandemi bisa teratasi. Dengan begitu, turnamen bisa digelar secara normal dan penonton bisa hadir di venue secara langsung. Di sisi lain, pihaknya masih meninjau penggunaan vaksin kepada para peserta.

”Adanya vaksin bisa memberikan rasa aman dan lebih percaya diri. Tetapi, hal itu tidak membuat kami abai dengan protokol kesehatan. Selama itu (vaksin, Red) baik, kami akan upayakan,” lanjut Khajirian.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c12/dra

Saksikan video menarik berikut ini: