alexametrics
Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020

Tim Putri Kembali Dibantai Jepang 0-3, CdM Indonesia: Kami Prihatin

14 Februari 2020, 14:09:12 WIB

JawaPos.com-Tim nasional putri Indonesia gagal mengulangi capaian terbaik mereka pada ajang Badminton Asia Team Championships.

Pada edisi 2018 di Alor Setar, Malaysia, Indonesia berhasil melaju sampai semifinal. Namun, pada edisi tahun ini di Manila, Filipina, Gregoria Mariska Tunjung dkk sudah terhenti pada babak perempat final.

Sama seperti edisi 2018 lalu, Jepang menjadi momok bagi Indonesia. Mereka selalu berhasil menghentikan langkah tim Merah Putih. Skornya juga sama telak 0-3 langsung!

Padahal, sejatinya, Indonesia sudah turun dengan kekuatan penuh. Namun, status sebagai runner-up Grup Y akhirnya mengantarkan Indonesia bertemu dengan Jepang yang keluar sebagai juara Grup W.

Seandainya Indonesia jadi juara Grup Y, mungkin ceritanya akan lain. Indonesia bisa saja lolos ke semifinal.

Pada partai pertama perempat final hari ini (14/2), tunggal nomor satu Gregoria Mariska Tunjung dikalahkan pemain nomor tiga dunia Akane Yamaguchi.

Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu membuat Indonesia tertinggal 0-2 karena dikalahkan ganda nomor tiga dunia Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Ruselli Hartawan yang turun di partai ketiga, tak mampu memperpanjang napas Indonesia. Dia tumbang di tangan Sayaka Takahashi dalam dua game langsung dengan skor 13-21, 14-21.

Satu pengembalian Ruselli yang melebar ke sisi kanan Takahashi membuat Takahashi memastikan kemenangan untuk tim Jepang.

“Sebetulnya saya tidak merasa terbebani saat tim ketinggalan 0-2, karena saya mau fokus pada permainan saya sendiri. Saya minta maaf belum bisa menyumbang angka untuk tim,” ujar Ruselli seperti dilansir dari siaran pers PP PBSI.

“Di pertemuan sebelumnya, saya kalah dengan skor yang jauh. Tapi tadi awalnya saya merasa bisa mengimbangi. Sudah ngatur tapi malah keatur balik dan mati-mati lagi. Dia punya bola-bola atas yang bagus, karena postur tubuhnya tinggi,” kata Ruselli.

Pemain 22 tahun itu mengaku telah mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam pertandingan hari ini. Namun dia merasa serangan dan ketahanannya masih perlu diperbaiki.

“Kami prihatin dengan kekalahan ini, tapi memang secara peringkat dan kelas, jujur kami akui kami masih di bawah Jepang,” kata Achmad Budiharto, Chef de Mission tim Indonesia di BATC 2020.

“Tapi kami juga menghargai perjuangan para atlet kami yang sudah berjuang mati-matian. Kami harus terima ini, mudah-mudahan ini menjadi bekal untuk mereka, berlatih lebih keras lagi, ke depan supaya bisa tampil lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu, Tim Putra Indonesia akan bertanding sore ini. Lawannya pada perempat final, di atas kertas akan mudah diatasi. Yakni, tuan rumah Filipina.

Perempat final BATC 2020
Indonesia vs Jepang

Gregoria Mariska Tunjung vs Akane Yamaguchi, 9-21, 15-21
Greysia Polii/Apriyani vs Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 19-21, 15-21
Ruselli Hartawan vs Sayaka Takahashi, 13-21, 14-21
Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Tidak Dimainkan)
Putri Kusuma Wardani vs Riko Gunji (Tidak Dimainkan)

Editor : Ainur Rohman


Close Ads