alexametrics

Pekan Ini, Lifter Indonesia Berusia 17 Tahun Bisa Lolos ke Olimpiade

14 Februari 2020, 12:59:28 WIB

JawaPos.com– Kejuaraan Angkat Besi Junior Asia bergulir mulai hari ini di Tashkent, Uzbekistan. Timnas angkat besi Indonesia punya misi superpenting dalam kompetisi kali ini. Bukan cuma untuk berprestasi, tetapi demi menyegel satu slot lagi di Olimpiade Tokyo 2020.

Kejuaraan yang berlangsung hingga 19 Februari mendatang itu punya level gold. Artinya, peluang meraup poin dalam babak kualifikasi Olimpiade lebih tinggi. Di level junior ada Windy Cantika Aisah yang menjadi andalan di kelas 49 kilogram.

PB PABBSI memang pernah mengklaim telah meloloskan dua atlet untuk tampil di multievent terbesar dunia itu. Selain Windy, ada Eko Yuli Irawan dari kelas 61 kilogram yang dipastikan aman setelah mengikuti International Fajr Cup awal bulan ini.

’’Yang jelas untuk Windy kalau hasil di sini lebih baik, posisi ke Olimpiade bisa dikunci,” tutur pelatih pelatnas Dirdja Wihardja yang sedang mendampingi tim di Tashkent. Saat ini, Windy berada di peringkat ketujuh dunia. Namun, ada tiga lifter Tiongkok yang berada di posisi atasnya. Dengan masing-masing negara hanya diambil satu wakil, peringkat Windy bisa dihitung pada posisi kelima dunia.

Artinya, posisi tersebut sudah aman untuk terbang ke Tokyo. Namun, masih ada dua turnamen lagi untuk kualifikasi Olimpiade. Untuk jaga-jaga agar tidak tergeser lifter lain, lebih aman Windy diturunkan pada turnamen di Tashkent ini.

Persiapan menuju kompetisi memang terbilang mepet. Usai SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina, pelatnas angkat besi sempat diliburkan. Intensitas latihan efektif hanya berkisar sebulan. Selain itu, tes angkatan yang rutin digelar tiap bulan belum terlaksana tahun ini.

Maka, total angkatan para lifter pelatnas masih mengacu pada hasil SEA Games 2019. Kala itu, lifter 17 tahun itu membukukan angkatan 190 kg dengan perincian snatch 86 kg dan clean and jerk 104 kg. Jika mampu mempertahankan jumlah tersebut, setidaknya dia bisa mengumpulkan 882.9017 poin. Itu akan menjadi tambahan yang bagus bagi Windy yang kini sudah mengantongi 3.128.4452 poin.

”Kalau bisa mempertahankan angkatan SEA Games, poinnya bertambah lebih lagi. Jadi, peringkat ke-9 sampai ke-14 enggak bisa kejar lagi. Posisinya aman di delapan besar,” papar Dirdja.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : feb/c6/cak


Close Ads