alexametrics
Reli Dakar 2020

Pembalapnya Tewas Karena Rute Ganas Arab Saudi, Tim Hero Pilih Mundur

14 Januari 2020, 18:30:56 WIB

JawaPos.com – Dakar masih diselimuti duka setelah Paulo Goncalves mengalami kecelakaan dan meninggal dunia di etape ke-7 dua hari lalu. Kemarin panitia membatalkan etape ke-8 untuk kategori motor dan quads.

Dan, untuk menghormati kepergian pembalap veteran dari Portugal tersebut, tim yang menaunginya, Hero Motorsports, memutuskan mundur dari seluruh etape tersisa.

Dilaporkan Motorsports, truk yang membawa pembalap dan perlengkapan tim Hero sudah meninggalkan lokasi balap untuk bergerak menuju Jeddah kemarin. ”Keputusan itu sungguh berat. Tapi, itu harus kami lakukan karena semua masih butuh waktu untuk berduka, mengenang sahabat sekaligus rekan setim kami,” ucap Wolfgang Fischer, bos tim Hero Motorsports. ”Kami bukan sekadar tim, tetapi sudah seperti keluarga,” tambahnya.

Pembalap motor tim Hero Paulo Goncalves meninggal dunia karena kecelakaan pada etape ketujuh Reli Dakar 2020 antara Riyadh sampai Wadi Al Dawasir, Arab Saudi (12/1).  (FRANCK FIFE / AFP)

Goncalves, pembalap 40 tahun dari tim Hero, ditemukan tak sadarkan diri di kilometer 276 etape ke-7 yang berangkat dari Riyadh menuju Wadi Al Dawasir pada Minggu (12/1).

Panitia melaporkan, tim medis sudah berusaha maksimal untuk menolong dengan langsung menerbangkan Goncalves menggunakan helikopter ke rumah sakit terdekat. Namun, setiba di rumah sakit, Goncalves dinyatakan sudah meninggal dunia karena henti jantung.

Goncalves adalah satu di antara 12 legenda pembalap motor Dakar yang ambil bagian pada edisi tahun ini. Sebanyak 12 pembalap tersebut mendapat predikat legenda setelah mengikuti balapan Dakar lebih dari sepuluh kali sepanjang karir.

Meski membatalkan etape ke-8 untuk kategori motor dan quads, beberapa kategori lain, termasuk mobil dan truk, tetap berlanjut seperti biasa. Etape ke-8 kemarin melahap rute sejauh 477 kilometer. Titik start dan finisnya masih berada di wilayah Wadi Al Dawasir.

Dari kategori mobil, juara Formula 1 dua kali Fernando Alonso mendapat hasil terbaiknya di etape ke-8 kemarin. Pembalap dari Spanyol itu finis di posisi runner-up. Dia hanya terpaut 4 menit 4 detik dari pembalap Prancis Mathieu Serradori yang keluar sebagai pemenang etape tersebut.

”Aku mulai menemukan ritme yang pas,” ucap Alonso seperti dilansir situs resmi Dakar. ”Aku bahagia bisa menyelesaikan balapan kali ini tanpa masalah apa pun. Aku mulai bisa lebih menikmati balapan,” tambah pembalap yang tergabung di tim Toyota Gazoo tersebut.

Bagi Serradori, kemenangan itu menjadi yang perdana di balapan Dakar. Pembalap tim SRT Racing tersebut mendedikasikan kemenangan itu untuk Goncalves. ”Aku memulai reli dari balapan motor. Tidak mudah memulai balapan hari ini (kemarin, Red) dengan apa yang baru terjadi kemarin (Minggu, Red). Tetapi, kami memilih untuk terus bertarung,” ucap Serradori.

Di etape ke-9 hari ini, para pembalap akan melahap rute sejauh 476 kilometer. Start mengambil lokasi di Wadi Al Dawasir dan balapan finis di Haradh. Reli Dakar tahun ini tinggal menyisakan 4 balapan lagi sampai etape ke-12 pada Jumat mendatang.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c11/cak


Close Ads