alexametrics
Laporan Wartawan Jawa Pos dari Putrajaya

Kento Momota Diperkirakan Sudah Sembuh Sebelum All England

14 Januari 2020, 20:19:30 WIB

JawaPos.com–Biasanya, tiap kali memesan makanan lewat layanan daring dari Rumah Sakit (RS) Putrajaya, Malaysia, si pemesan tinggal menunggu. Makanan akan diantar sampai ke depan kamar pasien.

Tapi tidak kemarin (13/1). Persisnya setelah pebulu tangkis tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota dirawat menyusul kecelakaan yang dia alami dalam perjalanan menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur menjelang subuh.

”Hari ini (kemarin, Red) saja tak boleh. Ada (pasien) VIP,” ujar Nazaruddin, petugas keamanan RS, kepada wartawan Jawa Pos Siti Aisyah.

Momota, asisten pelatih tim Jepang Yu Hirayama, fisioterapis Akifumi Morimoto, dan ofisial BWF (Federasi Badminton Dunia) William Thomas dilarikan ke RS Putrajaya setelah van sewaan yang mereka naiki menabrak tronton.

Keterangan yang didapatkan Jawa Pos, Momota dirawat di ruang VIP lantai 5.

Sekitar pukul 20.30 waktu setempat, rombongan dari Badminton Association of Malaysia (BAM ) datang ke rumah sakit. Namun, mereka tak mau memberikan komentar.

Begitu pula pihak RS.

Semula ada kabar, ketiganya akan meninggalkan RS setelah dipastikan luka-luka yang mereka alami tidak serius dan sudah mendapat perawatan. Tapi, tadi malam BAM mengumumkan di laman Facebook resmi mereka, atas anjuran dokter, para korban luka itu tetap dirawat di RS.

Keputusan tersebut sudah dikomunikasikan dengan pelatih kepala Jepang Park Jo-bong.

Hari ini (14/1), dipastikan bahwa Momota akan menginap satu malam lagi di RS Putrajaya.

”Dia (Momota) baik-baik saja. Saya barusan bicara dengannya. Saat ini dia hanya butuh istirahat yang cukup,” jelas Lee Chong Wei, mantan tunggal putra andalan Malaysia, setelah menjenguk Momota seperti dikutip situs Stadium Astro.

Sekitar 13 jam sebelum mengalami kecelakaan, Momota memenangi Malaysia Masters dengan menaklukkan andalan Denmark Viktor Axelsen di final. Itu gelar pertamanya di tahun ini setelah tahun lalu total merebut sebelas gelar.

Van yang ditumpangi rombongan Kento Momota hancur di jalan bebas hambatan KM 13,7 Maju Expressway (Mex Highway). (Astro Malaysia via AP)

Momota sebelumnya sudah memastikan mengundurkan diri dari Indonesia Masters yang dimulai hari ini dengan alasan menghindari cedera karena padatnya jadwal. Dia dijadwalkan tampil lagi di All England pertengahan Maret mendatang.

Mengutip The Star, pemain 25 tahun tersebut mengalami retak hidung, lecet pada wajah, dan bibirnya harus dijahit. Dengan kondisi seperti itu, Momota diprediksi akan absen selama dua bulan. Perkiraannya, sebelum All England yang berlangsung 9 Maret, Momota sudah sembuh.

Siti Hasmad Mohd. Ali, istri Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, kemarin juga membesuk Momota. Dalam foto yang dirilis kantor berita Bernama, keduanya tampak bersalaman.

Ada lecet di antara kedua alis Momota. Perban kecil menempel di hidung kandidat kuat peraih emas tunggal putra Olimpiade 2020 tersebut. ”Kondisi mereka terus membaik dan saat ini dalam kondisi stabil,” kata Syed Saddiq, menteri pemuda dan olahraga Malaysia, setelah menjenguk Momota dan ketiga korban lain kemarin seperti dikutip The New Straits Times.

Senada dengan koleganya di kabinet itu, Menteri Kesehatan Malaysia Dzulkefly Ahmad juga memastikan, berdasar hasil CT scan, tak ada luka serius yang dialami Momota, Morimoto, Hirayama, dan Thomas.

”Begitu para dokter memastikan kondisi mereka sudah sepenuhnya fit, mereka akan diizinkan meninggalkan rumah sakit,” kata Dzulkefly.

Duta Besar Jepang untuk Malaysia Hiroshi Oka turut mendampingi Dzulkefly saat membesuk Momota dan tiga korban lain. Dia berterima kasih atas perhatian dan dukungan yang telah diberikan kepada para korban.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : */c9/ttg


Close Ads