alexametrics
SEA Games 2019

Naik Lebih Dari Dua Kali Lipat, Peraih Emas Dapat Rp 500 Juta

13 Desember 2019, 17:00:24 WIB

JawaPos.com – Sorak sorai para atlet bergemuruh di Hotel Grand Sahid, Jakarta, tadi malam. Kehebohan itu terjadi setelah Menpora Zainudin Amali menyebutkan nominal bonus penerima medali SEA Games 2019 kenaikannya signifikan.

Untuk nomor perorangan, peraih emas mendapatkan bonus Rp 500 juta. Jumlah tersebut naik lebih dari dua kali lipat daripada sebelumnya sebesar Rp 200 juta.

Peraih perak akan diganjar Rp 300 juta. Sebelumnya, yang diperoleh hanya Rp 100 juta. Lalu, peraih perunggu dihadiahi Rp 150 juta. Yang didapat sebelumnya hanya Rp 60 juta. Yang membuat mereka tambah bahagia, bonus tersebut diterima langsung oleh atlet.

Kali ini pencairan bonus terbilang patas. Yakni, hanya berselang sehari setelah closing ceremony SEA Games 2019 pada Rabu (11/12). Bahkan, ada beberapa cabor yang atletnya langsung diguyur bonus pada hari yang sama saat baru tiba dari Filipina. Antara lain, atletik.

Emilia Nova peraih 1 emas dan 1 perak SEA Games 2019 menerima bonus dari Menpora Zainudin Amali tadi malam (12/12). (Chandra Satwika/Jawa Pos).

Jumlah bonus tersebut cukup mengejutkan para atlet. Tak terkecuali Maria Natalia Londa yang sudah enam kali turun di SEA Games. Menurut dia, itu adalah bonus terbesar yang pernah didapat.

Dari SEA Games 2019, Londa meraih satu emas dari lompat jauh dan perak dari lompat jangkit. Total, Londa mendapatkan bonus Rp 800 juta sesuai dengan SK terbaru.

’’Wah, sangat berterima kasih. Ini tadi cukup mengejutkan. Ini bisa jadi motivasi kami agar bisa meraih prestasi dan mengibarkan bendera Indonesia lebih sering lagi,’’ ungkapnya.

Atlet kelahiran Denpasar tersebut mengungkapkan akan menggunakan bonus itu untuk hal-hal yang mendukung prestasinya. ’’Buat beli vitamin, latihan, dan persiapan kejuaraan. Selebihnya ditabung,’’ ujarnya.

Dalam SEA Games 2019, Indonesia menempati peringkat keempat dengan raihan 73 emas, 84 perak, dan 110 perunggu.

Raihan tersebut melampaui target pemerintah sebanyak 60 emas.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c20/cak


Close Ads