alexametrics

Lewis Hamilton Ketagihan Menunggangi Motor Valentino Rossi

13 Desember 2019, 15:15:16 WIB

JawaPos.com – Sampai tiga hari setelah aksi bertukar tunggangan antara Lewis Hamilton dan Valentino Rossi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Senin (9/12), tidak ada satu pun berita atau keterangan resmi yang mengabarkan momen epik tersebut.

Lantas, sebuah media Italia La Repubblica menyebut hal itu terjadi lantaran Hamilton sempat mengalami crash saat menunggangi motor MotoGP Yamaha M1. Beberapa jam setelah gosip itu beredar, muncul video pertama yang merekam momen tersebut di Twitter. Kabarnya, unggahan itu dilakukan sembunyi-sembunyi atau tidak resmi oleh akun Lewis Updates atau @LH44updates.

Seakan menanggapi gosip media Italia tersebut, Hamilton secara tidak langsung memberikan konfirmasi melalui sosial media bahwa semuanya berlangsung baik dan lancar. Benar saja, beberapa jam kemudian, akun Twitter Mercedes mengunggah foto-foto tes di Valencia tersebut. Disusul situs resmi Monster Energy yang mengunggah video berkualitas HD (high definition).

Rilis video resmi itu baru muncul kemarin dini hari. Dalam rekaman tersebut tergambar antusiasme dua juara dunia F1 dan MotoGP itu bertukar kendaraan. Rossi mengendarai Mercedes W08 yang dipakai Hamilton saat menjuarai F1 musim 2017.

Sementara itu, Hamilton menunggangi motor Yamaha YZR-M1 edisi 2019.

Motor sama yang ditunggangi Rossi hingga balapan terakhir MotoGP musim ini di Valencia 17 November lalu.

Bagi Hamilton, ini adalah kali pertama dirinya menjajal motor MotoGP. Pembalap Inggris itu sebelumnya hanya pernah mengendarai Yamaha R1M spek WSBK. Itu terjadi tahun lalu di Jerez dengan ditemani rider Yamaha WSBK Michael van der Mark dan Alex Lowes.

Karena itu, pembalap 34 tahun tersebut tampak begitu bersemangat. Rossi bahkan menyebut Hamilton tampak sedih ketika sesi menunggangi motor YZR M1 berakhir. ’’Sungguh keren saat keluar ke lintasan dan melihat ada Rossi di depan saya dengan motor yang sama,’’ ucap Hamilton sebagaimana dilansir Crash.

Pada sesi ketiga, Rossi menemani Hamilton melibas lintasan Sirkuit Ricardo Tormo. Keduanya melibas beberapa lap. Hamilton terus menguntit Rossi tepat di belakang.

Penampilan Hamilton menggunakan motor Yamaha itu mendapat pujian khusus dari bos MotoGP Yamaha Lin Jarvis. ’’Tidak mudah mengendarai motor dengan cepat di lintasan. Tidak banyak juga juara balapan roda empat yang mau datang ke sini dan ingin mencoba sendiri M1,’’ ucap Jarvis seperti dilansir Crash.

Sebelumnya, di sesi pertama, Rossi turun sendirian lebih dahulu mengendarai Mercedes W08. Saat itu Hamilton hanya menyaksikan pembalap 40 tahun tersebut dari paddock. ’’Suatu kehormatan melihat seorang legenda seperti Rossi berada di mobilku,’’ kata Hamilton.

Rossi tidak hanya kali ini menjajal mobil F1. Pembalap Italia itu pernah melakukannya beberapa kali bersama Ferrari sejak 2002. Namun, kali terakhir dia melakukannya pada 2010 di Barcelona.

’’Banyak yang telah berubah dari kali terakhir aku menjajal mobil F1,’’ ucap Rossi.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c19/cak


Close Ads