alexametrics

Penampilan Mengilap, Pembalap Thailand Kunci Kursi Red Bull 2020

13 November 2019, 22:26:59 WIB

JawaPos.com– Penampilan Alexander Albon musim ini sungguh mengilap. Apalagi sejak dipromosikan dari Toro Rosso ke Red Bull pada GP Belgia (1/9). Konsistesi tersebut membuat manajemen Red Bull kesengsem. Mereka memastikan satu seat di Red Bull Albon musim depan.

Team Pincipal Red Bull Christian Horner sulit menyangkal konsistensi Albon sejauh ini.

’’Alex tampil begitu bagus sejak debut di Belgia. Hasilnya, dalam tujuh balapan, dia selalu finis di 6 besar,’’ papar Horner sebagaimana dikutip Crash. ’’Masih banyak potensi untuk dipecahkan. Dan, kami melihat ke depan Alex bersama Max (Verstappen) di 2020,’’ lanjut dia.

Albon tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Dia mengenang perjalanannya ketika kali pertama dipanggil Red Bull. ’’Tahun ini sungguh luar biasa buatku. Langkah besar terjadi ketika aku dipanggil Red Bull di tengah musim,’’ tuturnya.

’’Jadi, sekarang aku akan belajar dari musim lalu dan menggunakannya untuk berkembang serta berjuang untuk selalu berada di barisan terdepan pada 2020,’’ papar pembalap kelahiran London, Inggris, tersebut.

Albon yang berdarah Thailand masuk ke persaingan Formula 1 2019 dengan prestasi mentereng. Semusim sebelumnya dia tampil di Formula 2 dan mengakhiri musim di peringkat ketiga. Pada awal musim, dia tampil bersama Toro Rosso, tim junior Red Bull.

Sebagai rookie, dia mengumpulkan 16 poin dari 12 balapan bersama Toro Rosso. Tetapi, manajemen Red Bull melihat potensi besar dalam diri Albon. Apalagi, saat itu pembalap Red Bull Pierre Gasly tampil buruk. Albon ditarik ke tim utama dan Gasly dikembalikan ke Toro Rosso. Ketika mendapat mesin terbaik Red Bull, Albon langsung gas pol.

Dalam tujuh balapan terakhir musim ini, sebagaimana dikatakan Horner, dia konsisten finis di enam besar. Bahkan, sejak GP Belgia, dia meraih poin lebih besar ketimbang Verstappen. Albon mendulang 68 poin dari tujuh seri, sedangkan Verstappen hanya 54 poin.

Pemuda 23 tahun itu bahkan nyaris naik podium di GP Jepang. Namun, pada akhirnya dia finis keempat setelah Valtteri Bottas, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton.

Hingga kini, Albon menempati posisi keenam klasemen pembalap. Melihat konsistensi dan performa menjanjikan, Albon punya potensi menjadi pembalap pertama Asia yang memenangi balapan. Musim ini menyisakan GP Brasil dan Abu Dhabi.

Kalaupun tidak bisa tahun ini, kesempatan terbuka lebar musim depan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c4/na



Close Ads