alexametrics
Hongkong Open 2019

Ginting dan Jonatan Kompak Singkirkan Tunggal No 1 dan No 3 Tuan Rumah

13 November 2019, 21:58:27 WIB

JawaPos.com-Dua tunggal terbaik Indonesia Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting kompak melaju ke babak 16 besar Hongkong Open 2019. Pada ronde pertama turnamen Super 500 yang berlangsung di Hongkong Coliseum, Jonatan dan Ginting sama-sama menekuk tunggal top Hongkong.

Jonatan mengalahkan tunggal putra ketiga Hongkong Wong Wing Ki Vincent dalam pertarungan rubber game 20-22, 21-14, 21-13. Sementara itu, Ginting menyikat tunggal putra nomor satu tuan rumah Ng Ka Long Angus juga dalam tiga game 21-16, 17-21, 21-11.

Ginting harus berjuang keras sampai 1 jam dan 3 menit untuk menyingkirkan pemain nomor sembilan dunia tersebut. Kemenangan ini patut disyukuri. Sebab, dalam tiga pertemuan sebelum hari ini (13/11), Ginting selalu kalah melawan Ng Ka Long. Bahkan pada pertandingan terakhir di babak pertama Fuzhou China Open 2019, Ginting dibantai dengan skor telak 18-21, 9-21.

Walau menang, namun masih ada catatan yang mengiringi kemenangan Jonatan dan Ginting. Jonatan misalnya. Dia sudah memimpin jauh 18-8 pada game pertama. Namun, dia kehilangan sebelas angka beruntun, berbalik tertinggal 19-18, dan akhirnya menyerah.

Pada game kedua dan ketiga, Jonatan belajar dari kesalahan di game pertama. Dia terus melaju dan tak membiarkan Wong mengembangkan permainan seperti seperti game pembuka.

“Saya kurang fokus di akhir game pertama. Waktu lawan dapat banyak poin, saya jadi tidak yakin. Saya tidak bisa mempertahankan pola main yang benar yaitu main kontrol serang. Waktu sudah terkejar lawan, feel pukulan saya jadi beda,” komentar Jonatan dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Jawa Pos.

“Pada game kedua dan ketiga, saya nggak mau lengah. Mau poinnya sejauh apa pun, saya sebisa mungkin saya usaha terus mendapat poin dan lebih tahan, karena saya melihat kondisi fisik lawan sudah kurang bagus,” kata Jonatan.

Pada babak kedua, Jonatan akan bertemu dengan Prannoy H.S, pemain asal India. Skor pertemuan sementara 2-1 untuk keunggulan Prannoy. “Pemain India banyak yang bagus, pukulan mereka akurat dan mereka cukup pandai di lapangan. Saya harus lebih siap lagi dibanding hari ini,” ucap Jonatan.

Sementara itu, Ginting akan menghadapi pemenang antara Kantaphon Wangcharoen (Thailand) dan pemain 31 tahun asal Denmark Jan O Jorgensen.

Sayang, tunggal Indonesia lain gagal ke babak 16 besar. Shesar Hiren Rhustavito dikalahkan peraih emas Olimpiade Rio 2016 asal Tiongkok Chen Long dengan skor 18-21, 18-21.

Sementara itu ganda putri Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga berhasil melangkah ke babak kedua. Ketut/Tania mengalahkan wakil Taiwan, Chang Ching-hui/Yang Ching-tun dengan skor 21-16, 21-11.

Sedangkan Fajar/Rian menekuk Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan) dalam dua game langsung 23-21, 21-14.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads