alexametrics

Tak Ada Anomali, Mercedes Menang Lagi, Ferrari Hancur Lebur

13 Juli 2020, 21:13:01 WIB

JawaPos.com – Tidak ada anomali dalam GP Styria, seri kedua dalam rangkaian Formula 1 2020, di Red Bull Ring kemarin (tadi malam WIB). Mercedes menang lagi, Lewis Hamilton leading dari pole position hingga finis, diikuti rekan setimnya, Valtteri Bottas.

Max Verstappen nomor tiga lagi dan Ferrari hancur lebur lagi. Normal. Seperti musim-musim sebelumnya.

Cuaca di Spielberg sangat cerah saat balapan. Jauh berbeda dengan saat sesi kualifikasi basah sehari sebelumnya. Situasi tersebut memungkinkan para pembalap untuk memaksimalkan kemampuan mobil masing-masing. Hamilton memainkan perannya dengan hebat.

’’Ini tahun yang aneh. Tapi, senang sekali bisa kembali ke (posisi) ini dengan performa seperti tadi,’’ kata Hamilton sebagaimana dikutip situs resmi F1.

Hamilton menyebut kemenangannya adalah gabungan antara performa mobil dan strategi pit stop yang jitu.

’’Aku mencoba membukukan fastest lap. Tapi tentu saja dengan ban medium yang sudah berumur sekitar 40 lap, tidak mungkin aku melawan pembalap yang memakai ban fresh. Tapi, tidak apa-apa. Rasanya sudah lama sekali (tidak juara). Dibandingkan dengan hasil minggu lalu, ini langkah maju yang sangat berarti,’’ paparnya.

Pembalap Inggris itu memenangi duel dengan bintang muda Red Bull Max Verstappen di awal race. Selanjutnya, dia ngacir melaju paling depan. Sebaliknya, Verstappen tampak kehilangan power. Dia semakin tertinggal dan malah harus merelakan posisi kedua setelah Bottas menyalipnya pada lap ke-67.

Apa kabar Ferrari? Well, pada lap pertama GP Styria, paddock kuda jingkrak sudah mendapatkan kejutan.

Dua jagoan mereka, Charles Leclerc dan Sebastian Vettel, mengalami senggolan di tikungan ketiga. Kejadian itu berdampak pada kerusakan sayap belakang mobil Vettel dan bagian bawah SF1000 yang ditunggangi Leclerc. Keduanya tak bisa melanjutkan lomba.

’’Aku telah melakukan hal yang sangat buruk hari ini. Aku mengecewakan tim. Aku hanya bisa minta maaf, meski aku tahu itu tidak cukup,’’ tutur Leclerc.

Hasil Seri Kedua F1 2020

(Lima Besar)

1. Lewis Hamilton (Mercedes) 1 jam 22 menit 50,683 detik

2. Valtteri Bottas (Mercedes) +13,719 detik

3. Max Verstappen (Red Bull) +33,698 detik

4. Alexander Albon (Red Bull) +44,400 detik

5. Lando Norris (McLaren) +61,470 detik

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c19/na



Close Ads