alexametrics

LeBron Tolak Kebijakan NBA Soal Jersey Bertema Black Lives Matter

13 Juli 2020, 19:49:45 WIB

JawaPos.com – NBA mengizinkan pemain memasang kata-kata khusus terkait dengan gerakan Black Lives Matter di bagian belakang jersey mereka. Tujuannya, menunjukkan dukungan buat gerakan yang menuntut persamaan hak dan penghapusan diskriminasi buat warga kulit hitam di AS.

Namun, keputusan itu tak mendapat respons bagus dari megabintang NBA LeBron James.

King James –sebutannya– tidak akan mengenakan jersey dengan pesan khusus dalam lanjutan musim ini di Orlando, Florida. Dia memilih tetap menaruh nama belakangnya, James.

”Buatku, di antara kata-katanya, tidak ada yang benar-benar mencerminkan misiku, tujuanku. Aku juga mau sih menuliskan sesuatu di jersey-ku. Aku sudah memikirkan beberapa kata. Tapi, aku tidak berkuasa menentukannya dan itu tak apa-apa,” papar bintang LA Lakers tersebut, dikutip USA Today.

Beberapa pemain NBA lain sudah mengkritik keputusan tersebut. Salah satunya bintang Boston Celtics Jaylen Brown. Pemain 23 tahun itu bilang, seharusnya pemain diberi kebebasan terkait dengan tulisan yang dipasang. Bukan diberi daftar pilihan.

Pesan-pesan yang akan dicantumkan pada bagian belakang jersey memang sudah ditentukan oleh NBA. Daftar tulisan itu, antara lain, Black Lives Matter, Say Their Names, Vote, dan I Can’t Breathe. Juga ada Enough, Justice, Equality, Freedom, Hear Us, Respect Us, dan sebagainya. Totalnya 29 pilihan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c11/na



Close Ads