alexametrics

Juara Asia Adalah Satu-satunya Cara Menembus Olimpiade Tokyo 2020

13 Juli 2020, 21:03:59 WIB

JawaPos.com-Pelatnas panjat tebing dimulai lagi pekan lalu. Sebanyak 12 atlet (6 putra dan 6 putri) berkumpul di Cikarang, Bekasi, sejak Rabu (8/7). Termasuk para climber elite seperti Aries Susanti Rahayu dan Aspar Jaelolo. Ini kali pertama mereka kembali berlatih sejak Kejuaraan Asia 2019 pada November lalu.

Pelatih Hendra Bassir mengatakan, pada awal pelatnas ini, mereka menjalani tes fisik terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi terkini para climber.

’’Baru mulai besok (hari ini, Red) program lagi. Karena banyak yang latihan di rumah, kondisi mereka berbeda-beda pastinya. Ini juga untuk mengatur bagaimana program berjalan ke depan,’’ terang Hendra.

Sekembali ke latihan, Aries Susanti Rahayu dkk harus menyiapkan diri tahap per tahap. Yang pertama adalah memperbaiki fisik terlebih dahulu. Setelah itu, baru perbaikan teknik dan peningkatan performa.

Aries dkk menatap kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Hendra mengakui peluang mereka berat. Sebab, hanya ada satu cara untuk merebut tiket. Yakni, menjuarai Kejuaraan Asia. Kejuaraan itu berlangsung pada 10–13 Desember mendatang di Xiamen, Tiongkok.

Sebelum itu, mereka melakukan pemanasan di dua kejuaraan. Yakni, Asian Beach Games 2020 di Sanya, Tiongkok, pada 28 November hingga 6 Desember. Setelah itu, mereka bertolak ke Xiamen. Selain Kejuaraan Asia, ada seri World Cup pada 4–6 Desember.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c19/na



Close Ads