alexametrics

Anggaran Dipangkas Drastis, Target Jawa Timur Juara Umum Bisa Sirna

13 Mei 2021, 23:29:11 WIB

JawaPos.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 segera digelar. KONI Jawa Timur (Jatim) bertekad mengulang capaian PON XVII 2008. Saat itu Jatim menjadi juara umum.

Awalnya, KONI Jatim cukup pede. Sebab, persiapan dan program untuk atlet sudah mumpuni. Tapi, kini target tersebut dirasa sulit. Itu disebabkan anggaran untuk KONI Jatim dikepras. Tercatat, tiga kali anggaran dipotong.

Semula, Pemprov Jatim menyiapkan dana Rp 425 miliar. Setelah dikaji, angkanya turun menjadi Rp 390 miliar. Jumlah itu masih dipotong lagi menjadi Rp 192 miliar.

Apesnya, itu belum cukup. Pemprov kembali memangkas anggaran hingga mencapai angka final sebesar Rp 169 miliar. Jumlah tersebut hanya sekitar 35 persen dari anggaran awal yang diproyeksikan.

Imbasnya tentu saja berdampak pada proses pemusatan latihan daerah (puslatda). Program-program yang sudah disusun menjadi berantakan. Sebab, beberapa program memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Cabang olahraga selam, misalnya. Mereka sudah merencanakan beberapa program latihan. Itu bisa saja gagal karena tidak ada aliran dana.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/raf/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads