alexametrics
Ruselli Hartawan Langsung Kandas

Main Buruk, Dihajar Tunggal No 46 Dunia, Tunggal Putri Indonesia Habis

13 Januari 2021, 10:04:44 WIB

JawaPos.com-Ruselli Hartawan tampil mengecewakan pada babak pertama Yonex Thailand Open 2020. Dia sudah kandas pada babak pertama dari pemain tuan rumah Supinda Ketethong.

Berlaga di Impact Arena, Bangkok, Ruselli kalah dua game langsung dengan skor 21-14, 21-16.

Secara head-to head, sebelum laga ini, kedua pemain berbagi angka sama kuat 2-2. Ruselli menang dua kali pada dua ajang junior tahun 2015. Sedangkan Katethong barbalik menang dalam dua laga terakhir yakni pada ajang SGC Thailand Open 2016 dan Bangka Belitung Indonesia Masters 2018.

Baca Juga: Tampil Dahsyat di Game Pertama, Tunggal No 1 Indonesia Keok di Babak 1

Pada game pertama, Ruselli yang menempati peringkat 35 dunia bermain sangat buruk. Dia selalu berada di bawah tekanan Katethong. Selain itu, Ruselli gagal untuk mendikte permainan, tidak memiliki insting membunuh, dan kerap melakukan kesalahan-kesalahan sendiri.

Air muka Ruselli juga menampilkan perasaan takut dan tidak percaya diri. Terlihat tidak mampu lepas dari tekanan.

Tak heran, Ruselli hampir sepanjang game pertama selalu saja tertinggal. Dia hanya mampu memimpin 2-1 pada awal game pertama. Setelah itu, Katethong konsisten berada di depan. Ketika memimpin 14-12, Katethong melaju dengan kencang dan hanya memberikan tambahan dua angka kepada Ruselli.

Di game kedua, kondisi tidak berubah. Ruselli tetap konsisten melakukan kesalahan demi kesalahan fundamental. Katethong yang berada di ranking 46 dunia tampil lebih agresif dengan smes-smes lurus dan menyilangnya.

Katethong lalu memimpin saat interval dengan skor 11-7. Banjir kesalahan sendiri yang dilakukan Ruselli membuat Ketethong terus melaju dan mencapai match point dalam kondisi 20-15.

Kegagalan Ruselli menyeberangkan bola, pada akhirnya membuat Ketethong menang dengan skor 21-16 di game kedua.

“Tadi main kesulitannya sudah masuk ke pola lawan dari awal. Sulit keluar dari tekanan, tapi tidak bisa konsisten. Jadi mainnya diatur terus,” kata Ruselli dalam siaran pers PP PSBI yang diterima JawaPos.com.

“Saya harus meningkatkan defense saya, harus lebih rapat. Jangan banyak mati sendiri dan lebih berani,” tambahnya.

Dengan kekalahan Ruselli, tunggal putri Indonesia langsung habis di babak pertama Thailand Open 2020. Kemarin, Gregoria Mariska Tunjung juga kandas. Dia dikalahkan pemain Korea Selatan Sung Ji-hyun dalam rubber game dengan skor 21-15, 15-21, dan 14-21.

Editor : Ainur Rohman


Close Ads