alexametrics

Dipastikan Sembuh, Kevin Sanjaya Ungkap Kronologi Terkena Covid-19

13 Januari 2021, 15:36:09 WIB

JawaPos.com-Kabar melegakan datang dari Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pemain ganda putra nomor satu dunia itu dinyatakan sembuh dari Covid-19. Ini menyusul dua kali swab test PCR-nya menunjukkan hasil negatif.

“Puji Tuhan saya sudah dua kali swab test dan hasilnya negatif. Terima kasih untuk semua doa dan dukungannya. Selanjutnya saya akan memulihkan kondisi dan mulai kembali berlatih dalam beberapa hari ke depan,” tutur Kevin dalam siaran pers PP PBSI yang diterima JawaPos.com.

Hasil negatif didapatkan setelah pemain kelahiran Banyuwangi 2 Agustus 1995 ini menjalani dua kali tes di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara. Tes pertama pada Sabtu, 9 Januari hasilnya negatif.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Positif Covid-19, Timnas Indonesia Tetap Bertanding

Sesuai protokol kesehatan, untuk membuktikan dirinya sembuh, Kevin pun wajib kembali melakukan tes kedua dengan interval antara 24 jam hingga 72 jam dari tes sebelumnya. Pada tes kedua yang dilakukan pada Senin, 11 Januari di tempat yang sama, hasilnya melegakan. Kevin juga negatif dari Covid-19.

“Saya menyarankan kepada semua untuk tetap menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku,” tambah Kevin.

Dokter di Pelatnas PBSI dokter Octaviani mengatakan bahwa Kevin sudah bisa berlatih. Ini karena dua kali terakhir hasilnya negatif. Selain itu, dia sudah lewat dari 21 hari dari kali pertama terjangkit virus pada 20 Desember.

“Dia sudah dua kali tes dengan hasil negatif dan sudah lewat 21 hari, jadi sebenarnya Kevin sudah bisa latihan lagi,” kata dr Octaviani.

Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi mengatakan, setelah sembuh, Kevin akan segera berlatih. Info yang dia dapatkan dari Marcus Fernaldi Gideon, menurut Herry, Minions akan segera latihan sendiri.

Kevin mengatakan, awal gejala dirinya terinfeksi Covid-19 sebenarnya sudah dirasakan sekitar medio Desember tahun lalu. Saat itu, dia mulai tidak bisa mencium bau makanan. Saat makan pun terasa hambar dan sedikit flu.

Pada 20 Desember 2020, Kevin melakukan swab test PCR di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, dengan hasil positif. Kevin pun kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah dan tidak lagi bergabung dengan teman-teman di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

Tes kedua kembali dijalani Kevin di tempat yang sama pada 28 Desember. Hasilnya tetap positif terinfeksi oleh virus SARS CoV-2 tersebut.

Ketika Kevin kembali melakukan tes usap ketiga di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tanggal 31 Desember 2020, hasilnya juga tetap positif.

Karena tiga kali tes menunjukkan hasil positif, Kevin pun tidak bisa tampil ke Bangkok, Thailand. Bersama Marcus Fernaldi Gideon, mereka gagal mengikuti tiga turnamen Leg Asia pada awal 2021.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : PP PBSI


Close Ads