alexametrics
Laporan Bobby Arifin, Jun Qian dari Jepang

Dampak Topan Hagibis, Valtteri Bottas Bisa Langsung Pole Position

12 Oktober 2019, 11:40:28 WIB

JawaPos.com– F1 telah memastikan bahwa jadwal kualifikasi GP Jepang diundur Minggu pagi (13/10) untuk mengantisipasi dampak topan Hagibis. Jika kondisi belum memungkinkan, hasil latihan bebas hari pertama (FP2) kemarin bakal dijadikan acuan untuk menentukan posisi start.

Bila itu terjadi, Valtteri Bottas memulai lomba dari pole position.

Mercedes datang ke Suzuka dengan pembaruan aerodinamika. Rupanya hal itu langsung berdampak positif. Bottas dan rekan setimnya, Lewis Hamilton, menguasai dua sesi FP. Hasil itu sekaligus mengukuhkan dominasi Silver Arrows lima musim terakhir.

Pada FP1, Bottas melesat, mencatatkan waktu tercepat 1 menit 28,731 detik. Dia berada 0,076 detik di depan Hamilton. Sedangkan dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, menyusul di posisi ketiga dan keempat tercepat sesi pagi. Bottas kembali leading di FP2. Dia mempertajam waktunya menjadi 1 menit 27,785 detik. Sedangkan Hamilton bertahan di posisi kedua dengan jarak 0,100 detik.

Max Verstappen menyusul di posisi ketiga (+0,281 detik). ”Secara umum, saya senang dengan kinerja mobil. Hanya ada hal kecil yang harus ditingkatkan pada sisi keseimbangan,” kata Bottas seperti dikutip Sky Sports.

Ferrari yang bangkit sejak GP Belgia dan menyegel dua kemenangan beruntun serta empat pole position tanpa henti hingga GP Singapura justru tak memperlihatkan tajinya kemarin. Bahkan, jika melihat pace kualifikasi dan balapan, mereka masih kalah oleh Red Bull. ”Saya pikir Mercedes sangat-sangat cepat akhir pekan ini,” ucap Leclerc.

Red Bull tentu akan habis-habisan di Suzuka. Sebab, itu balapan kandang pertama Honda bersama Red Bull. Namun, pace kualifikasi mereka (waktu satu lap) masih tertinggal cukup jauh, yakni 0,4 detik di belakang Mercedes.

Pace balap juga masih kalah cepat 0,9 detik oleh Mercedes. ”Kami mengalami kemajuan di FP2, tapi Mercedes masih terlalu cepat,” ucap Verstappen.

Jika kualifikasi dilangsungkan Minggu pagi, para pembalap tentu lebih berhati-hati menggeber mobil masing-masing. Sesi penentuan posisi start dan balapan hanya berselang sekitar empat jam. Jika mereka mengalami kecelakaan sampai mobil rusak, waktunya sangat mepet untuk memperbaikinya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c11/cak



Close Ads