alexametrics

Marc Marquez Kembali Gagal Hadang Dominasi Total Ducati di Austria

12 Agustus 2019, 18:35:00 WIB

JawaPos.com– Gagal mengamankan pole position bukan berarti kehilangan kemenangan di sirkuit Red Bull Ring. Ducati berhasil membuktikan ketangguhannya di MotoGP Austria melalui rider andalannya, Andrea Dovizioso (11/8). Untuk keempat kalinya secara beruntun, Ducati berjaya di sana.

Ducati kembali mengalahkan juara bertahan dan juga bintang Repsol Honda Marc Marquez. Tiga tahun beruntun menempati pole position, rider 26 tahun itu gagal mengakhiri balapan dengan kemenangan.

Dovizioso memang tampil sangat impresif. Dia menang pada tikungan dan lap terakhir. Pada awal balapan, Marquez memulai start dari posisi terdepan dan menguasai lebih dari separo jalannya balapan. Namun pada akhirnya dia memungkasi balapan di posisi kedua, berselisih 0,213 detik di belakang Dovizioso.

Sementara itu, rookie fenomenal Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) berada di posisi ketiga. Inilah podium ketiga rider Prancis setelah di Barcelona dan Assen (Belanda).

Adegan pada lap terakhir MotoGP Austria 2019 sama persis dengan apa yang terjadi pada edisi 2017. Aksi tersebut melibatkan dua pembalap dan di tikungan yang sama di Red Bull Ring. Dan pemenangnya masih tetap sama:  Dovizioso.

“Itu merupakan tikungan terakhir, saya harus mencobanya,” ujar Dovi setelah balapan.

Ducati mempertebal dominasinya di Red Bull Ring. Tim asal Italia itu selalu menjadi juara sejak Red Bull Ring masuk ke dalam kalender MotoGP pada musim 2016. Bagi Dovi, kemenangan kemarin merupakan yang kedua setelah seri perdana musim ini di Losail, Qatar.

Prestasi Dovi dan Ducati kemarin sekaligus menjadi penghormatan terakhir kepada Luca Semprini, Ducati team press officer yang meninggal dunia awal Agustus lalu.

Tambahan 25 poin, dari Austria memang belum mendekatkan Dovi dari Marquez. Kedua pembalap masih terpaut sampai 58 poin di posisi pertama dan runner-up klasemen sementara MotoGP 2019.

Marquez sendiri kecewa dengan kekalahan pahit yang menimpanya. Namun dia tak lupa memuji pesaingnya itu. “Dovi melakukan kerja yang luar biasa, tetapi kami masih memimpin dengan 58 poin,” ucap juara dunia tujuh kali tersebut.

Selanjutnya, balapan bakal berlangsung dua pekan lagi (25/8) di sirkuit Silverstone, Inggris. Tahun lalu, race terpaksa dibatalkan. Musim ini, sirkuit legendaris tersebut sudah memungkaskan pengaspalan ulang.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Nuris Andi P

Close Ads