alexametrics

Menang Tipis, Belanda Jaga Asa

11 Oktober 2015, 01:32:00 WIB

JawaPos.com – Asa Belanda untuk lolos keputaran final Euro 2016 di Perancis masih terjaga. Melawan Kazakshstan, Belanda menang tipis 2-1.

Georginio Wijnaldum dan Wesley Sneijder menjadi tokoh utama dalam keberhasilan Oranje membungkam tuan rumah melalui gol-gol mereka di tiap babak.

Melawat ke kandang Kazakhstan di Astana Arena, Minggu (11/10) dinihari WIB. Belanda tampil dominan. Namun anak asuh Danny Blind tersebut baru bisa mencetak gol di menit 33. Lewat El Ghazi yang memberi kontribusi dengan mengirim assist kepada Wijnaldum yang melepaskan tembakan keras dan tidak dapat diantisipasi oleh Pokatilov. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, pola serangan yang hampir yang sama diteraptkan Belanda. Hasilnya pun cukup jitu. Hanya 5 menit waktu berjalan di babak kedua, Wesley Sneijder menggandakan gol Belanda. 

Gol yang tercipta lewat umpan terobosan Klaas-Jan Huntelaar. Sneijder yang berada di sisi sebelah kanan pertahanan Kazakhstan langsung melepaskan sepakan keras ke arah gawang. Gol kedua Belanda tercipta.

Belanda terus mendominasi jalannya pertandingan, namun sayang tak ada gol tambahan yang diciptakan Belanda. Sebaliknya, Belanda yang terlalu asik untuk menyerang, pertahan Belanda bobol. Itu terjadi di menit ke-90, Kazakhstan bisa mencetak gol melalui Islambek Kuat. Skor berubah 2-1.

Namun gol Kuat itu tak membuat Kazakshstan lolos dari kekalahan. Hingga waktu usai tak ada gol tambahan terjadi.

Kemenangan itu membuat Belanda kini duduk di posisi ketiga Grup A kualifikasi Piala Euro 2016 dengan koleksi nilai 13, unggul satu poin atas Turki yang berada di posisi keempat. 

Untuk bisa lolos ke putaran final Euro, Belanda harus bermain di babak play-off. Namun sebelumnya Robin van Persie dkk harus terlebih dahulu bersaing dengan Turki, yang baru akan bertanding dinihari ini menghadapi tuan rumah Republik Ceko. Jika Turki mampu memang di laga dini hari nanti, maka peluang Belanda untuk lolos sirna. (ndi/JPG)

Editor : andi


Close Ads
Menang Tipis, Belanda Jaga Asa