alexametrics

Hancurkan Tim Unggulan Serbia, Argentina Lolos ke Semifinal

Spanyol Juga ke Empat Besar
11 September 2019, 17:30:06 WIB

JawaPos.com–Spanyol masih terlalu tangguh untuk Polandia. Skuad berjuluk La Roja itu kemarin melumat Polandia 90-78 di perempat final Piala Dunia FIBA 2019. Hasil tersebut membuat tim asuhan Sergio Scariolo itu melaju ke semifinal untuk meladeni pemenang dari laga Australia versus Republik Ceko yang berlangsung malam nanti.

Point guard kawakan mereka, Ricky Rubio, kembali jadi pemain yang paling efisien. Rubio memborong 19 angka plus 9 assist. Willy Hernangomez Geuer dan Rudy Fernandez menambah pundi-pundi Spanyol dengan masing-masing 18 dan 16 poin.

Dari perempat final lain, Argentina menghancurkan mimpi Serbia untuk menggondol trofi Piala Dunia FIBA kali pertama. Empat pilar NBA yang mereka bawa tak mampu menjawab permainan solid Argentina yang tak satu pun skuadnya tampil di NBA.

Total ada lima pemain Argentina yang membuat double-digit di laga tersebut. Itu mengantar tim Tango menumbangkan Serbia 97-87 di Dongguan Basketball Center.

’’Energi kami sangat besar,” ucap small forward Argentina Patricio Garino, seperti dilansir situs resmi FIBA. ’’Apa yang kami tampilkan adalah tujuan dari yang kami siapkan setahun terakhir. Tim ini tidak takut kepada siapa pun sekarang,” tambahnya.

Point guard Facundo Campazzo menjadi motor utama Argentina. Pemain 28 tahun itu maksimal di berbagai sisi. Baik defense maupun offense. Total dia mengemas 18 poin, 12 assist, 6 rebound, dan 3 steal.

Catatan tersebut membuatnya jadi pemain pertama di Piala Dunia FIBA yang bisa menciptakan kombinasi minimal 15 poin, 10 assist, 5 rebound, dan 3 steal dalam tujuh edisi ke belakang.

Kali terakhir yang bisa melakukan itu hanya legenda Kroasia Toni Kukoc pada pergelaran 1994 di Kanada.

Center kawakan Argentina Luis Scola juga tampil dahsyat dengan raihan 20 poin.

Tiga pemain Argentina lainnya yang mampu mengemas double-digit adalah Patricio Garino, Gabriel Deck, dan Luca Vildoza. Masing-masing menyumbangkan 15, 13, dan 11 poin. Di semifinal, Argentina bakal menghadapi pemenang dari laga Team USA versus Prancis yang baru berlangsung malam ini.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c18/tom



Close Ads