alexametrics
Proliga 2022

Debut di Liga Teratas, Tim Asuhan SBY Tak Ingin Sekadar Jadi Pelengkap

11 Januari 2022, 10:30:34 WIB

JawaPos.com-Bogor LavAni sebenarnya sudah bersiap terjun di Proliga pada musim 2021 lalu. Sayang, tahun lalu Proliga tidak jadi digelar.

Akhirnya, LavAni memulai debut di Proliga 2022. Mereka mengawali musim dengan mantap. Pada pertandingan pertama di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, itu (8/1), LavAni berhasil menumbangkan Kudus Sukun Badak dengan skor 3-1 (25-17, 29-31, 26-24, 25-16).

Materi pemain LavAni memang didominasi pemain binaan sendiri. Tetapi, mereka menambah kekuatan dengan mendatangkan outside hitter Dony Haryono, setter Dio Zulfikri, dan blocker M. Malizi.

Ketiganya merupakan pemain berlabel timnas. Ditambah dua legiun asingnya sebagai spiker Leandro Martins da Silva dan outside hitter Jorge Gonzalez Garcia.

Manajer LavAni Ossy Dermawan mengatakan, klubnya tidak ingin jadi pelengkap di Proliga. ’’Sebagai klub baru, kami ingin menyuguhkan permainan berkelas. Kami akan sekuat tenaga bisa lolos ke putaran final four terlebih dahulu,” kata Ossy saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

LavAni didirikan oleh Presiden Ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada akhir 2019. LavAni berasal dari kata Love Ani. Itu sebagai bentuk rasa cinta SBY kepada mendiang Ani Yudhoyono yang meninggal pada 1 Juni 2019.

Pada pertandingan pertama LavAni di Proliga 2022 itu, SBY menyaksikan langsung di Sentul. SBY juga sempat memberikan evaluasi terkait penampilan tim binaannya tersebut.

Ossy mengungkapkan, peran SBY begitu besar dalam klub ini. Sebagai pendiri klub sekaligus dewan pembina, SBY kerap memberikan masukan yang strategis untuk kepentingan tim. Seperti diketahui, SBY merupakan penggemar voli.

’’Tentu beliau juga sangat memahami taktik, teknik, maupun strategi dalam permainan voli. Sehingga segala pandangan beliau, dari berbagai aspek dan sudut pandang, sangat diperhatikan dan jadi pedoman bagi manajemen dan pelatih,” ujar Ossy.

Setelah memenangi laga pertama, Ossy tidak ingin jemawa. Masih banyak pertandingan yang akan mereka hadapi. Pada pertandingan pekan kedua Minggu (16/1), mereka akan menghadapi juara Proliga 2017 Jakarta Pertamina Pertamax. Ini akan menjadi ujian LavAni untuk menjaga konsistensinya musim ini.

’’Memenangi laga pertama tentu membahagiakan. Tetapi, perjalanan kami masih sangat panjang. Kami harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan meraih kemenangan dalam setiap pertandingan,” imbuhnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini: