alexametrics
SEA Games 2019

Target Emas Tercapai, Sekarang Mata Terfokus ke Olimpiade 2020

10 Desember 2019, 17:00:40 WIB

JawaPos.com-Cabang olahraga panahan memang merealisasikan target dari pemerintah untuk memperoleh dua medali emas. Seolah belum cukup, mereka masih menambah dua perak dan empat perunggu dalam SEA Games 2019.

Hasil itu menggembirakan meski juga mengecewakan.

Sebab, yang diunggulkan untuk meraih emas malah gagal total. Pemanah Diananda Choirunisa dan Riau Ega Agatha tidak berhasil membawa pulang medali emas dari nomor mixed team. Melaju ke babak final, mereka kalah telak 1-5 oleh Vietnam.

Perolehan perak itu mengecewakan.

Tim panahan sedikit terobati dengan emas yang diraih Ega dkk di nomor beregu putra dan Hendra Purnama di individual putra. Padahal, nomor itu sama sekali tidak diproyeksikan untuk mendapatkan emas.

’’Ya puas, ya kecewa. Ada meleset satu. Tetap disyukuri saja. Inginnya ya emas tiga diambil semua, bisa masuk tiga final, jadi pencapaian luar biasa. Alhamdulillah semua ini jadi prestasi yang bisa memotivasi,’’ kata Ega.

Pelatih recurve Nur Fitriyana mengakui, target mereka meleset dari nomor yang direncanakan. ’’Tapi, teman-teman tim menutupinya dengan beregu dan individu putra. Kalau saya bisa mengatakan di putra sebelum-sebelumnya untuk meraih emas agak sulit di Asia Tenggara,’’ paparnya.

Pelatnas recurve masih dilanjutkan karena dipertandingkan untuk Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia sudah mengamankan dua tiket. Namun, belum ditentukan siapa yang akan dikirim untuk mewakili Merah Putih.

’’Untuk by name nanti bergantung seleksi pelatnas, siapa yang jalan. Tapi, kami akan coba lagi untuk mendapatkan kuota nomor beregu di Berlin, Juni 2020,’’ jelas Tofan Anggoro, manajer panahan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Nuris Andi Prastiyo, Dipta Wahyu, dan Tyasefania Febriani dari Manila, Filipina


Close Ads