alexametrics
Anthony Joshua vs Andy Ruiz Jilid II

Pesta Pora, Berfoya-Foya, Kalah Bertarung, dan Akhirnya Menyesal

10 Desember 2019, 07:30:23 WIB

JawaPos.com – Dua hari sebelum tarung ulang kontra Anthony Joshua di Diriyah Arena, Arab Saudi (8/12), Andy Ruiz Jr membuat pengakuan ke awak media.

Dia mengaku terlalu banyak berpesta dalam enam bulan terakhir. Dia diundang makan presiden Meksiko, membeli mobil baru untuknya dan orang tuanya, dan pesta-pesta itu membuat bobotnya bertambah.

Rangkaian hura-hura tersebut dimulai setelah dia menang pada duel pertama atas Joshua 1 Juni lalu. Kemenangan itu membuatnya ditahbiskan sebagai petinju berdarah Meksiko pertama yang sanggup menjadi juara dunia kelas berat.

Sejak saat itu, namanya jauh meroket. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador sampai perlu mengundangnya secara khusus ke istana. Hari-hari Ruiz setelah itu lebih banyak dihabiskan di acara seremonial daripada berlatih di gym.

Berbagai talk show televisi ingin dia hadir sebagai bintang tamu. Malamnya lanjut dia habiskan dengan foya-foya di kelab malam sampai pagi. Ruiz tak hanya mendadak jadi pusat perhatian. Hartanya juga bertambah puluhan kali lipat.

Andy Ruiz Jr mengalami pendarahan pada pelipisnya karena dihajar Anthony Joshua. (Daily Mail)

Kemenangan atas Joshua membuatnya diganjar bayaran GBP 5 juta (Rp 92 miliar). Jauh di atas bayaran yang dia terima pada laga sebelumnya saat menang atas Kevin Johnson, yakni USD 30 ribu (Rp 421 juta).

Alhasil, gaya hidupnya juga mendadak jadi high class. Lima mobil mewah langsung dia borong. Mercedes G-Wagons, Rolls-Royce, dan Lamborghini baru mewarnai garasi rumahnya. Yang lebih fatal, dia juga lalai dari mana harta itu berasal.

Ruiz tak lagi menjaga kondisi sebagai petinju profesional. Saat sang pelatih Manny Robles mengajaknya kembali ke training camp Juli lalu, Ruiz menolak. Dia memilih baru kembali berlatih intensif pada September.

Hasil dari keteledoran itu baru dia rasakan kemarin dini hari. Saat dihajar Joshua dalam duel rematch. Ruiz yang datang dengan bobot lebih gemuk 6,8 kilogram dari duel pertama (total 128 kilogram) tak mampu meladeni kelincahan Joshua yang datang dengan postur lebih kurus. Ruiz menjadi petinju terberat kedua sepanjang masa yang pernah bertarung di kelas berat.

Ruiz akhirnya benar-benar harus mengembalikan empat sabuk juara dunianya (WBA, WBO, IBF, IBO). Dia kalah angka mutlak dalam 12 ronde. Tiga juri kompak memberikan kemenangan buat Joshua dengan skor 119-110, 119-110, dan 119-109.

Setelah pertarungan, Ruiz mengaku menyesal. ’’Kalau ada pertarungan ketiga, aku akan datang dengan lebih fit. Bahkan bakal paling fit sepanjang karirku,’’ tuturnya dilansir AP.

Sepanjang 12 ronde, Joshua memilih bertarung dengan simpel dan cerdik. Dia melayangkan banyak pukulan jab untuk menjaga jarak, lantas menerobos pertahanan Ruiz.

Petinju Inggris itu juga terus bergerak lincah. Ruiz terus mendekat untuk memburu pukulan KO seperti pada laga pertama. Tapi, Joshua kali ini lebih cerdik menjaga pertahanan. Alhasil, pertarungan menjadi tidak nikmat ditonton.

Saking hati-hatinya, beberapa pengamat menyebut Joshua tampil membosankan. Dia disebut terlalu khawatir dengan pukulan Ruiz. Salah satu yang berkata seperti itu adalah kolumnis senior Kevin Lole.

’’Kalau dia terlalu khawatir dengan pukulan Ruiz, apa yang dia lakukan ketika nanti menghadapi pukulan roket juara dunia kelas berat WBC Deontay Wilder,” tulis Lole.

Ruiz memang sangat berbahaya ketika lawan berada pada jangkauan pukulnya. Seperti tampak pada ronde 4 dan 8 ketika satu-dua pukulannya sempat membuat Joshua terhuyung.

Tetapi, Joshua bergeming. Dia menyebut itu adalah cara bertinju yang cerdas. Dan kadang itu lebih dibutuhkan untuk menang.

’’Kadang tampil sederhana itu ternyata lebih genius. Aku sudah biasa memukul KO lawan. Tapi, kali terakhir mencobanya aku kalah (dipukul jatuh empat kali oleh Ruiz). Maka, kali ini aku pilih untuk memperbaiki cara tersebut,” ucap Joshua yang kini punya rekor 23 kali menang (21 KO) dan sekali kalah dilansir AP.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c17/cak


Close Ads