alexametrics
SEA Games 2019

Koneksi Internet Buruk dan Device Bug, Bikin Indonesia Gagal Raih Emas

10 Desember 2019, 07:45:13 WIB

JawaPos.com-Kendala teknis sepanjang pertandingan dianggap menjadi penyebab gagalnya Indonesia meraih emas pertama dari ajang Esports SEA Games 2019.

Pada final nomor mobile Arena of Valor (AOV), tim nasional Indonesia kalah 0-3 dari Thailand di San Juan Arena, Manila, (9/12).

“Secara strategi dan persiapan, timnas AOV kita sudah sangat matang. Thailand adalah rival yang mereka kalahkan sebelum maju ke babak grand final dengan skor 2-0,” kata pelatih timnas AOV Indonesia Priyagung Satriono seperti dikutip dari Antara.

“Tapi pada grand final ini, kendala teknis sangat memengaruhi performa. Kendala pada koneksi internet dan device yang bug membuat permainan tidak maksimal. Device di hari pertama juga touchscreen-nya jelek,” imbuhnya.

Priyagung menambahkan kendala teknis tersebut terjadi pada game pertama dan kedua. Saat itu sempat terjadi pause yang cukup lama. “Masalah memang berhasil diatasi, tapi kurang maksimal,” ucapnya.

Kendala teknis membuat tim Indonesia kewalahan. Indonesia yang sangat tajam pada periode final upper bracket gagal bersinar.

Tim yang diperkuat lima pemain yakni Farhan Akbari Ardiansyah, Gilang Dwi Falah, Hartanto Lius, Hartawan Muliadi, dan Satria Adi Wiratama itu bahkan tak mampu mencetak satu angka pun.

Kita gagal dalam tiga game sekaligus.

Padahal, sebelumnya, pada final upper bracket, Indonesia mampu tampil solid dengan mengemas dua poin dalam tiga game saat melawan Thailand.

Namun pada grandfinal, tim Thailand mampu bangkit. Natthapong Chaichanasap dkk berhasil membalikkan keadaan hingga memaksa tim Indonesia bertekuk lutut pada tiga game sekaligus. “Mungkin bisa dibilang keberuntungan belum memihak kita,” ujar Priyagung.

Tim Esports Indonesia masih punya peluang untuk meraih emas pertama melalui nomor console yakni Tekken 7 yang berlangsung hari ini (10/12).

Sebelum mencapai grandfinal, perjalanan tim AOV Indonesia sempat tersendat di fase grup. Membuka laga dengan kemenangan 2-0 atas Singapura. Namun, Indonesia cuma memperoleh hasil imbang melawan Laos dan Malaysia.

Ini memaksa Indonesia harus melanjutkan laga ke babak tiebreaker. Namun, Indonesia mampu unggul 1-0 atas Malaysia untuk merebut tiket ke final upper bracket.

Pada babak tersebut, Indonesia berhadapan dengan pemuncak Grup A Thailand. Pada laga tersebut, tim Merah Putih tampil memukau dan menang 2-0.

Karena kekalahan itu, Thailand turun ke lower bracket. Namun, Negeri Gajah Putih berhasil membungkam Vietnam untuk menantang Indonesia pada grandfinal.

Hasil perak ini adalah yang kedua bagi tim Esports Indonesia. Sebelumnya, pada event Mobile Legends: Bang Bang, Indonesia kalah dari tuan rumah Filipina.

Editor : Ainur Rohman


Close Ads