alexametrics
PON XX Papua 2021

Kejutan, Ranking 465 Dunia Bawa Jatim Raih Emas Pertama dalam 13 Tahun

10 Oktober 2021, 12:05:47 WIB

JawaPos.com-Sudah lama Jawa Timur (Jatim) puasa emas di cabang olahraga bulu tangkis. Kali terakhir emas diraih pada PON XVII/2008. Kala itu medali emas dipersembahkan pasangan ganda putra Bambang Suprianto/Tony Gunawan.

Kemarin puasa emas itu berakhir. Jatim menjadi juara di nomor beregu putri. Mereka mengalahkan tim unggulan DKI Jakarta 2-0 di GOR Waringin, Jayapura. Hasil itu jelas di luar dugaan.

Apalagi, DKI punya pemain mentereng. Di tunggal pertama, mereka punya Ruselli Hartawan. Sementara itu, Jatim menurunkan Sri Fatmawati.

Di atas kertas, Sri Fatmawati sama sekali tidak diunggulkan. Tapi, ternyata Fatmawati mampu menang straight game 21-15, 21-16. Lalu, tunggal kedua Desima Aqmar menjadi penentu kemenangan Jatim. Di laga kedua, Desima yang menempati ranking 465 dunia mengalahkan Stephani Widjaya dengan rubber game 21-18, 17-21, 22-20.

”Kami kira tunggal pertama bakal kalah lawan Ruselli. Kami berharap pada dua nomor terakhir. Tapi, ternyata Sri tampil luar biasa,” kata Ketua Pengprov PBSI Jatim Wijanarko Adi Mulya kepada Jawa Pos.

Kemenangan Fatmawati atas Ruseli itulah yang meninggikan konfidensi Desima. ”Bahkan, secara spesifik, ini adalah emas pertama bagi Jatim di tim beregu putri sejak kali terakhir juara pada PON XII/1989,” ujar pria yang akrab disapa Wijar tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c19/dra




Close Ads