alexametrics

Gantikan Erick Thohir, Raja Sapta Oktohari Terpilih Menjadi Ketua KOI

10 Oktober 2019, 19:04:05 WIB

JawaPos.com-Raja Sapta Oktohari menjadi ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2019–2023. Dia terpilih secara aklamasi dalam kongres di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, kemarin. Okto –menggantikan Erick Thohir– didampingi Warih Sadono sebagai wakilnya.

Warih merupakan kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Menjadi ketua KOI, Okto punya banyak PR. Yang terdekat, dia harus menyiapkan kontingen untuk SEA Games 2019 di Filipina. Tak sampai dua bulan sebelum hari-H, persiapan belum matang. Jumlah kontingen bahkan belum tuntas.

’’Kita juga mengalami proses transisi pergantian pemerintahan. Menpora baru akan diketahui setelah presiden dilantik (20/10). Setelah itu, kami akan mulai bekerja sama terkait anggaran yang digunakan pada SEA Games,’’ kata Okto.

Pekerjaan lain adalah persiapan Indonesia dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032. Indonesia bersaing dengan Mesir, India, dan Korea Selatan. ’’Proses ini harus kami kejar dan diraih pada Olimpiade 2020. Sebab, keputusan host akan diambil pada 2024. Nanti saat Olimpiade Tokyo kami berjuang merebut hati para peserta untuk memercayakan kepada tuan rumah di Indonesia,’’ lanjut Okto.

Okto akan memaksimalkan komunikasi tiap cabor yang memiliki jaringan di Asia dan dunia. Apalagi, dia juga menjabat wakil ketua Asian Cycling Confederation (ACC). ’’Itu yang akan kami lakukan untuk memaksimalkan peran aktif di federasi internasional karena dengan ini akan lebih mudah menjangkau dunia,’’ imbuhnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c4/na



Close Ads