alexametrics

Preview Kazakhstan vs Belanda: Mampukah Si Oranje Lolos?

10 Oktober 2015, 07:20:00 WIB

JawaPos.com  – Kans Belanda berada diujung tanduk dalam menyongong laga kualifikasi Grup A kontra Kazakhstan di Astana Arena, malam nanti (siaran langsung Soccer Channel Indovision pukul 22.45 WIB).

Sebab, dengan peringkat empat yang mereka tempat saat ini, reputasi Belanda sebagai tim yang selalu lolos ke putaran final turnamen mayor sejak Piala Dunia Korea Selatan-Jepang 2002 silam bisa sirna.

Karena itu, tidak ada jalan lain bagi skuad berjuluk Oranje itu untuk menang meyakinkan agar asa merebut tiket playoff bisa terus digenggam. Tidak hanya menang, namun mereka juga harus berharap Turki mengalami kekalahan.

Kapten sekaligus penyerang Belanda Robin Van Persie berusaha mengobarkan semangat Euro dengan mengatakan peluang mereka tidak bakal tertutup karena Turki kali ini bakal menemukan jalan terjal.

"Jangan tanya aku mengapa. Namun, aku percaya Turki bakal kehilangan poin dalam dua pertandigan terakhir," tuturnya seperti dilansir De Telegraaf. Dasar keyakinan bomber Fenerbache itu merujuk kepada calon lawan Turki nantinya.

Dua tim yang sudah memastikan tiket lolos langsung ke Prancis, Islandia dan Republik Ceko, menjadi calon lawan Turki. Apalagi, skuad besutan Fatih Terim itu bakal bertandang ke Generali Arena, Praha, kandang Ceko malam nanti.

Inilah yang membuat penggawa Fenerbahce itu tersenyum melihat kuatnya lawan terakhir Turki. Apalagi, baik Ceko maupun Islandia diyakini tetap bermain ngotot untuk menjaga peluang mereka eebagai juara grup.

"Para pemain Turki di Fenerbahce begitu percaya diri bakal pulang dengan membawa poin. Namun, aku tidak ragu mengatakan bahwa mereka bakal tergelincir," papar pemain berjuluk RVP tersebut.

Karena itu, mumpung rival harus berjibaku dengan lawan yang kuat, Van Persie pun meminta rekan-rekannya agar bermain total ketika melawan Kazakhstan malam nanti. Khusus bagi Van Persie, ini merupakan momen spesial baginya karena pemain 32 tahun itu berpeluang mencatatkan caps ke-100 sekaligus sebagai centurion kedelapan dalam sejarah timnas Belanda.

Selain itu, eks striker Arsenal dan Mancehster United itu juga mempunyai peluang menggenapkan torehan golnya menjadi 50. Namun, dirinya mengaku untuk berusaha tidak terlalu memikirkan berbagai rekor tersebut.

"Aku hanya memikirkan satu hal dan itu adalah kemenangan pada Sabtu nanti,"tegas RVP. 

Hal yang sama juga disuarakan oleh pemain serbabisa di sektor lini belakang Daley Blind.

Dirinya menegaskan bahwa posisi tiga menjadi harga mati bagi Belanda saat ini. Apalagi, ini juga menjadi momen krusial bagi sang ayah, Danny Blind, agar bisa meloloskan skuadnya menuju playoff.

"Turki harus kalah sementara kami harus menang semua laga terakhir. Ini tugas kami," tutur pemain Manchester United itu seperti dilansir Squawka. (apu/JPG) 

Perkiraan Pemain

Kazakhstan (4-3-3): 1- Pokatilov (g); 3-Gurman, 23-Logvinenko, 2-Malyi, 16-Suyumbayev (c); 5-Kuat, 8-Smakov, 9-Islamkhan; 19-Dzolchiyev, 17-Nusserbayev, 7-Konysbayev

Pelatih: Yuri Krasnozhan

Belanda (4-3-3): 1-Cillessen; 2-Tete, 4- Bruma, 3- de Vrij, 5- Reidewald; 8- Klassen, 6- Blind, 10-Sneijder; 11-Narsingh, 9-Van Persie ©, 7-Memphis

Pelatih: Danny Blind

Editor : andi


Close Ads
Preview Kazakhstan vs Belanda: Mampukah Si Oranje Lolos?