alexametrics

Untuk Kali Pertama dalam Kariernya, Andalan Indonesia Juara WTA Tour

10 April 2022, 22:12:38 WIB

JawaPos.com-Petenis putri andalan Indonesia Aldila Sutjiadi berhasil meraih gelar juara ganda putri turnamen WTA Copa Colsanitas di Bogota, Colombia, Sabtu waktu setempat atau Minggu waktu Indonesia.

Duet Aldila bersama petenis Australia Astra Sharma mengalahkan pasangan Emina Bektas dari Amerika Serikat dan Tara Moore dari Inggris di babak final.

Aldila/Sharma berhasil melalui laga ketat super tie break berdurasi 1 jam dan 38 menit dengan skor akhir 4-6, 6-4 (11-9).

“Ini adalah gelar WTA perdana bagi Dila setelah tampil sebagai runner-up WTA 125 dua kali tahun lalu di Charleston dan Midland,” ujar Ketua Umum Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Rildo Anwar dalam keterangan tertulis dikutip dari Antara.

Tahun silam, Aldila gagal juara dengan pasangan berbeda dalam dua final ganda WTA 125 di Charleston dan Midland, Amerika Serikat.

Berkat menjuarai WTA level 250 itu peringkat ganda Aldila untuk pertama kalinya menembus Top WTA. Awal pekan ini, dia bakal bertengger di posisi 86 dunia. Saat ini, Aldila berada di peringkat 116 dunia. “Kami bangga,” kata Rildo.

Aldila mengaku lega akhirnya dapat menjuarai turnamen yang diselenggarakan oleh asosiasi tenis putri tingkat dunia itu.

Dalam unggahan Instagram, Aldila juga berterima kasih kepada partnernya. “Terima kasih @astrasharma telah bermain bersama saya di Bogota. Itu sangat menyenangkan,” tulis Aldila sambil mengimbuhkan emoji api membara dan mengunggah ulang foto postingan WTA.

Sebagai juara ganda turnamen WTA level 250, duet Dila dan Sharma menerima total hadiah uang USD 12.000 atau sekitar Rp175 juta.

Gelar di Kolombia tersebut menjadi modal baik bagi Aldila. Dia akan membela tim Indonesia pada ajang Grup l Asia Oseania Piala Billie Jean King di Turki, pekan depan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: