alexametrics

Soal Prestasi dan Program Olahraga, Provinsi Lain Bisa Tiru Jatim

10 Maret 2022, 18:59:36 WIB

JawaPos.com-Kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur telah dilantik kemarin. Mereka yang dilantik adalah Muhammad Nabil beserta pengurusnya.

Dia terpilih sebagai ketua periode 2022 hingga 2026 dalam musyawarah olahraga provinsi (musorprov) akhir Januari lalu.

Saat menyusun kepengurusan, Nabil dibantu dua tim formatur. Yakni, Mirza Muttaqien yang juga ketua POSSI dan Hosilih Abdullah yang juga ketua KONI Surabaya.

Pelantikan yang dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak itu berlangsung di kantor Pemprov Jatim. Hadir pula dalam pelantikan tersebut Ketua KONI Pusat Marciano Norman. Marciano pun memuji dukungan Pemprov Jatim terhadap pembinaan olahraga.

’’Dukungan itu berupa kemajuan teknologi kepelatihan sehingga prestasi KONI Jatim meningkat dengan pesat,’’ katanya.

Marciano menyebut program yang diterapkan KONI Jatim bisa menjadi percontohan bagi provinsi lainnya. Penilaian itu didasarkan atas kontribusi Jatim terhadap atlet di tingkat nasional.

Selain itu, Marciano melihat kiprah para atlet yang berlaga di PON Papua. Menurut dia, kiprah atlet di ajang PON merupakan buah dari pembinaan.

’’Kalau kualitasnya bagus, berarti pembinaannya bagus, Jawa Timur memperlihatkan itu,’’ ungkapnya.

Marciano berharap provinsi lain meniru pola kerja sama Pemprov Jatim dan KONI. Kerja sama dalam mewujudkan prestasi dan pembinaan atlet dengan baik.

’’Besar harapan saya Jatim ke depan pada PON Aceh-Sumut 2024 prestasinya lebih baik dari PON Papua,” terang Marciano.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : riq/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini: