alexametrics
SEA Games 2019

Tim Indonesia Protes Karena Penyelenggara Lakukan Tes Doping Tak Wajar

9 Desember 2019, 19:03:17 WIB

JawaPos.com-Tim skateboard Indonesia melakukan protes kepada penyelenggara SEA Games 2019 Filipina.

Alasannya, otoritas Filipina melakukan tes doping telat atau dilakukan satu hari setelah atlet Indonesia meraih medali.

“Ini tidak wajar. Tes doping seharusnya dilakukan setelah pertandingan. Sekarang sudah lewat satu hari tapi diminta lakukan tes,” kata pelatih kepala timnas skateboard, Jo Jaya Charles Kusuma kepada Antara (8/12).

Pada kejuaraan tersebut, atlet Indonesia Sanggoe Dharma Tanjung sukses merebut medali emas nomor street. Sanggoe memperoleh nilai tertinggi yakni 21,2 poin, mengungguli atlet Filipina Renzo Mark Feliciano yang meraih perak dengan 20,6 poin.

Sementara itu, atlet Thailand Sothicai Ruksumruach mendulang perunggu dengan catatan 19,1 poin.

Charlie, panggilannya, mengatakan pihak panitia penyelenggara tidak meminta tes doping sesaat setelah lomba. Semua peraih medali tak dipanggil untuk melakukan tes doping.

“Kemarin aman-aman saja. Tapi sekarang diminta dan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tes pun dilakukan random dan salah satunya Sanggoe. Kemenangan kita diungkit-ungkit. Saya tidak mau berubah hasilnya,” tegas Charlie.

Charlie menduga apa yang dilakukan tuan rumah adalah sebuah strategi. Apalagi informasi yang didapat, tuan rumah Filipina ingin menyapu bersih semua nomor skateboard di SEA Games 2019.

“Filipina ibaratnya kecolongan oleh Sanggoe. Padahal mereka telah menyiapkan atlet terbaik dan mayoritas pemain keturunan. Banyak yang atlet profesional yang tinggal di Amerika Serikat,” ujarnya.

Atlet tuan rumah memang mendominasi nomor skateboard. Pada sektor putra, tiga dari empat emas digondol atlet Filipina. Sedangkan dari sektor putri, kondisinya sama. Tiga dari empat emas didapatkan atlet tuan rumah.

Skateboarding di SEA Games 2019 mempertandingkan empat nomor yang terbagi dalam putra dan putri. Yakni nomor park, street, game of skate, dan downhill.

Selain Sanggoe yang merusak upaya Filipina menyapu bersih semua emas, dari sektor putri ada atlet Malaysia Grace Wong yang juga berdiri di podium tertinggi.

Grace mendulang emas pada nomor downhill.

Pada skateboarding, Indonesia meraih 1 emas, 3 perak, dan 3 perunggu.

Editor : Ainur Rohman


Close Ads