alexametrics

Tambah Gemuk, Atlet Rusia yang Turun dengan Bendera Netral

9 Juni 2021, 22:19:46 WIB

JawaPos.com – Atlet atletik Rusia yang akan turun dengan bendera netral dalam Olimpiade Tokyo dipastikan mengalami penambahan.

Dari yang semula hanya 27 atlet jadi 62 atlet. Penambahan 35 atlet untuk kategori track and field tersebut diputuskan Dewan Atletik Dunia kemarin (8/6) dengan label atlet netral resmi (ANA).

Skema ANA tersebut disetujui Dewan Atletik Dunia sejak Maret lalu. Sebagai catatan, sejak 2015, atletik Rusia disanksi tidak boleh berpartisipasi mengikuti berbagai ajang internasional gara-gara doping.

Nah, dalam Olimpiade 2020, Dewan Atletik Dunia sebetulnya cuma memberikan kuota sekitar sepuluh atlet atletik Rusia. Nama-nama atlet dipilih Federasi Atletik Rusia (RusAF) sendiri.

’’RusAF boleh memilih nomor untuk bertanding dengan status ANA,’’ tulis Dewan Atletik Dunia dalam pernyataan resminya. ’’Namun, harus mengutamakan pemilihan atlet yang ada dalam International Registered Testing Pool,’’ sambung Dewan Atletik Dunia.

Beberapa sumber menyebutkan, di antara nama-nama yang sudah mendapatkan status ANA itu, ada juara dunia tiga kali lompat tinggi Maria Lasitskene, juara dunia lompat galah Angelica Sidorova, dan peraih medali perunggu kejuaraan dunia lompat tinggi Ilya Ivanyuk.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ren/c17/dra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads