alexametrics

Pembuktian Perdana No 22 Dunia sebagai No 1 Terbaru di Pelatnas PBSI

9 Maret 2022, 19:20:44 WIB

JawaPos.com-Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari didapuk sebagai ganda campuran nomor satu pelatnas PP PBSI. Itu menyusul terdegradasinya Praveen Jordan/Melati Daeva dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja Desember lalu.

Pembuktian awal bagi duo yang kerap dijuluki RiPit itu dimulai di German Open 2022. Keduanya ditunggu ganda asal Selandia Baru Oliver Leydon Davis/Anona Pak di babak 32 besar yang berlangsung di Muelheim An Der Ruhr hari ini (9/3).

Dilihat secara peringkat, RiPit yang berada di ranking ke-22 dunia seharusnya tidak mengalami kesulitan menghadapi lawan yang berada di posisi ke-57 itu.

Tahun ini diharapkan prestasi Rinov/Pitha mulai menanjak. Sebab, tahun lalu prestasi keduanya masih di bawah harapan. Penampilan terbaik mereka adalah menjuarai Spain Masters yang berlangsung pada 18–23 Mei lalu.

Di babak final, Rinov/Pitha mengalahkan pasangan Denmark Niclas Nohr/Amalie Magelund dua game langsung 21-18, 21-15. Selebihnya, prestasi keduanya belum menggembirakan.

Pelatih ganda campuran pelatnas Nova Widianto menyatakan, persiapan akhir jelang Jerman Terbuka sudah sangat baik.

Apalagi, pemain ganda campuran tidak ikut kejuaraan Badminton Asia Team Championships yang hanya mempertandingkan nomor tunggal putra-putri dan ganda putra-putri.

’’Jadi, persiapan lebih panjang. Mudah-mudahan anak-anak bisa maksimal,’’ harap Nova kepada Jawa Pos kemarin (8/3).

Disinggung soal persiapan akhir, pihaknya sudah fokus di pematangan teknik dan banyak game dua lawan tiga. ’’(Sebelumnya) Kita sering dibantu ganda putra pratama,’’ kata Nova.

Pelatih yang berpasangan dengan Liliyana Natsir saat aktif bermain itu juga berharap Rinov/Pitha tidak terbebani dengan statusnya saat ini yang merupakan ganda campuran nomor satu di pelatnas. ’’Ya semoga bisa tampil maksimal,’’ ucap Nova.

Hasil Rinov/Pitha di Turnamen 2021 Non Beregu
– Thailand Terbuka I (12–17 Januari): Kalah di babak 32 besar
– Thailand Terbuka II (19–24 Januari): Kalah di babak 32 besar
– Swiss Terbuka (2–7 Maret): Kalah di babak 16 besar
– Spain Masters (18–23 Mei): JUARA
– Denmark Terbuka (19–24 Oktober): Kalah di babak 16 besar
– French Open (26–31 Oktober): Kalah di babak 32 besar
– German Open (2–7 November): Kalah di semifinal
– Indonesia Masters (16–21 November): Kalah di babak 32 besar
– Indonesia Terbuka (23–28 November): Kalah di babak 32 besar

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/dra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads