Ditumbangkan Greysia/Apriyani, Rising Star Malaysia Makin Percaya Diri

8 Oktober 2021, 11:30:04 WIB

JawaPos.com-Salah satu pertandingan yang paling menarik pada Piala Sudirman 2021 terjadi pada perempat final. Terutama dalam laga yang mempertemukan dua tetangga, Indonesia versus Malaysia.

Salah satu partai terseru terjadi pada laga ganda putri yakni saat peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriyani Rahayu melawan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Tidak dinyana, ganda muda Malaysia berusia 21 dan 23 tahun tersebut memberikan perlawanan yang sangat intens.

Ganda putri nomor 18 dunia tersebut memaksa Greysia/Apriyani bekerja dengan sangat keras dalam pertandingan rubber game. Akhirnya, Greysia/Apriyani menang dengan susah payah dengan skor ketat 22-20, 17-21, dan 21-18. Laga melelahkan itu berakhir dalam tempo 1 jam dan 31 menit.

“Itu pertandingan yang krusial. Ganda Malaysia tampil dalam performa terbaik untuk memukul kami. Mereka sangat percaya diri,” kata Greysia.

“Saya kira mereka adalah rising star. Tetapi kami tidak mau kalah karena kami hanya ingin memberikan poin bagi Indonesia,” tambah Greysia dalam wawancara dengan BWF setelah pertandingan.

Pada game pertama, Greysia/Apriyani sempat unggul jauh sampai 20-15. Namun, Tan/Muralitharan secara luar biasa mencetak lima angka beruntun untuk menyamakan kedudukan menjadi 20-20.

Namun, pada situasi yang sangat kritis, Greysia/Apriyani akhirnya keluar dari tekanan untuk mencetak dua angka beruntun dan mengambil game pembuka.

Di awal game kedua, Greysia/Apriyani juga sempat memimpin 9-4. Namun, Tan/Muralitharan bangkit. Mereka berbalik unggul 14-11 dan akhirnya terus melaju dan memenangkan game kedua dengan skor 21-17.

Nah, di game ketiga, pertandingan berjalan dengan menegangkan. Greysia/Apriyani diambang kemenangan dengan mencapai match point dengan skor 20-12. Tetapi keunggulan sangat jauh itu pelan-pelan dipangkas oleh Tan/Muralitharan.

Tan/Muralitharan mampu mencetak enam angka beruntun untuk memperpendek jarak menjadi 18-20. Dan setelah habis-habisan, Greysia/Apriyani akhirnya membukukan satu angka dan memetik kemenangan.

“Ini pertandingan yang keras, mereka lebih pengalaman. Dan dari pertandingan ini, kami bisa menimba pengalaman dari mereka. Sekarang kami makin percaya diri,” ucap Tan.

“Dibandingkan dulu, sekarang kami bermain lebih baik dan lebih segar. Dulu, kami tidak bermain sebaik ini. Pada game ketiga kami bisa bangkit, tetapi jaraknya sudah terlalu jauh untuk dikejar,” imbuh Muralitharan.

Menurut Tan, sejak Piala Sudirman, kepercayaan diri mereka meningkat. Apalagi setelah bertarung keras melawan Greysia/Apriyani.

Malaysia akhirnya mengalahkan Indonesia dengan skor 3-2. Pada semifinal, Malaysia gagal menciptakan kejutan lain. Mereka digasak Jepang dengan skor 1-3.

Tan/Muralitharan yang turun pada partai keempat dikalahkan ganda putri dadakan Jepang Mayu Matsumoto/Misaki Matsutomo dalam dua game langsung 19-21, 17-21. Kekalahan itu memastikan Jepang melaju ke final Piala Sudirman 2021.

Editor : Ainur Rohman

Saksikan video menarik berikut ini: