alexametrics

Berkat eSport, Indonesia Makin Dikenal Dunia

8 Januari 2019, 08:30:39 WIB

JawaPos.com – Ketua IeSPA, Eddy Lim menuturkan bahwa Asian Games 2018 ikut memberikan andil dalam perkembangan eSport di tanah air. Sebab, publik dunia jadi lebih memandang tinggi Indonesia.

Eddy Lim mengungkapkan bahwa dulu Indonesa menjadi salah satu negara yang tidak dilirik dalam konteks perkembangan eSport. Namun, hal tersebut berubah semenjak dimasukkannya eSport ke Asian Games 2018.

“Pengaruhnya bukan hanya Indonesia, tapi seluruh dunia. Saya selalu ikut summit eSport dimana saja. Hampir seluruh summit yang saya ikuti pasti ada slide mengenai Asian Games,” ucapnya bangga.

Eddy menambahkan, dengan dimainkannya di Asian Games turut membuat posisi eSport tidak lagi dipandang sebagai bermain game semata. Pasalnya hal tersebut membuat eSport sudah sah dimasukkan ke dalam kategori cabang olahraga.

“Dengan masuknya eSport ke Asian Games, maka diakui menjadi olahraga. Bukan lagi paradigma bermain game,” jelasnya.

Kendati demikian, Eddy membeberkam bahwa Asian Games bukan event pertama yang membuat eSport Indonesia menjadi sorotan publik dunia. Awalnya hal itu disebabkan karena Indonesia sukses menyelenggarakan kompetisi GESC.

“Kalau bicara event yang besar selalu di Filipina dan Malaysia. Indonesia nggak dianggap. Nah, mulai diperhatikan saat GESC. Sebelum GESC, Indonesia nggak dianggap. GESC itu yang membuka mata dunia internasional bahwa Indonesia memiliki pasar tersendiri,” ungkap Eddy.

Momentum tersebut terjadi saat seluruh tiket turnamen ludes. Padahal saat itu tiket dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, yakni 400 ribu hingga 1 juta rupiah.

“Saat itu lima ribu orang membeli tiket dan langsung habis dalam dua hari. Itu yang membuka mata bahwa animo Indonesia terhadap eSport sangat besar. WNA seperti Malaysia dan Singapura sampai tidak bisa datang karena kehabisan tiket. Negara lain tidak ada yang seperti itu,” ucapnya.

“Waktu GESC Jakarta semua talent asing bilang bagus. Mereka bilang positif, ini event terbaik yang pernah didatangi. Langsung semua mengenal Indonesia. Tonggak pertama yg membuat eSport Indonesia naik adalah GESC,” imbuhnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Bintang Rahmat



Close Ads
Berkat eSport, Indonesia Makin Dikenal Dunia