alexametrics
SEA Games 2019

Raup Tiga Emas, Indonesia Adalah Penguasa Dominan Tenis Asia Tenggara

7 Desember 2019, 16:57:52 WIB

JawaPos.com-Indonesia berjaya di arena tenis SEA Games 2019. Merah Putih menjadi juara umum dengan merebut tiga emas dan dua perunggu.

Kesuksesan Aldila Sutjiadi meraih emas tunggal putri kemarin (7/12), disusul oleh dua emas lagi hari ini.

Keduanya lewat ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Rompies dan ganda campuran Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi.

Beatrice/Jessy menjadi juara setelah mengalahkan ganda Thailand Peangtarn Plipuech/Tamarine Tanasugarn. Berlaga di Kompleks Olahraga Rizal Memorial, Manila, pasangan kita menang dengan skor 6-3 dan 6-3.

“Kami senang sekali bisa mendapatkan emas. Ini menjadi medali emas pertama bagi kami berdua di SEA Games. Kami sudah memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujar Jessy.

Sementara Beatrice menambahkan bahwa mereka memang menargetkan emas sejak awal. Itu yang membuat dia dan Jessy sangat puas dengan hasil tersebut.

Pencapaian Beatrice dan Jessy mengakhiri puasa emas 14 tahun Indonesia dari tenis ganda putri SEA Games. Kali terakhir ganda putri Indonesia berdiri di podium tertinggi adalah ketika Wynne Prakusya/Romana Tedjakusuma menjadi kampiun SEA Games 2005.

Sementara itu, Christo/Aldila mengalahkan pasangan Thailand lainnya Tamarine Tanasugarn/Sanchai Ratiwatana dengan skor ketat sampai super tie-break yang berakhir 4-6, 6-4, dan 10-8.

“Kami selalu positif dan fokus poin demi poin. Apalagi, di super tie-break kesempatannya 50:50 dan kami tidak boleh kehilangan satu bola pun. Namun, akhirnya kami bisa unggul dan menang,” kata Aldila usai pertandingan.

Di fase terakhir pertandingan itu, peraih emas Asian Games 2018 itu sempat tertinggal 4-5 sebelum akhirnya “tancap gas” dan menang 10-8.

“Di set pertama saya sedikit gugup dan merasa energi saya kurang. Namun, di set kedua dan super tie-break kami bermain cukup solid. Kami beradaptasi dengan taktik lawan,” tambah Christo.

Raihan tiga emas membuat Indonesia resmi menyandang juara umum dari lapangan tenis. Indonesia menjadi penguasa dominan Asia Tenggara karena Vietnam dan Filipina masing-masing merebut dua emas sisanya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ANTARA


Close Ads