alexametrics
Fuzhou China Open 2019

Menang Superdramatis, Ahsan: Saya Baru Pertama Kali Mengalami Skor 30

7 November 2019, 18:18:19 WIB

JawaPos.com-Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melaju ke perempat final Fuzhou China Open 2019 dengan superdramatis.

Pada babak 16 besar di Haixia Olympic Sport Center hari ini (7/11), Hendra/Ahsan mengalahkan ganda Tiongkok Zhang Nan/Ou Xuanyi. Pertandingan berjalan luar biasa menegangkan.

Laga berakhir dalam tempo 63 menit dengan skor 11-21, 21-18, dan 30-29!

Pada game pertama, Zhang, 29 tahun, dan Ou, 25 tahun, mendominasi total permainan. Sejak awal laga, mereka terus melaju dan tidak pernah tersusul. Bahkan, Zhang/Ou berlari sangat kencang dengan keunggulan 9-0 pada awal game pertama.

Hendra/Ahsan mulai menemukan pola permainan mereka pada game kedua. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan. Sehingga Hendra/Ahsan masih beradaptasi dengan permainan Zhang/Ou.

Skor game kedua berlangsung ketat. Namun saat kondisi sama kuat 18-18, juara dunia tiga kali itu mencetak tiga angka beruntun untuk membawa pertandingan menuju babak penentuan.

Pada game ketiga, Hendra/Ahsan sejatinya sudah unggul jauh 17-12. Namun Zhang/Ou terus menekan. Satu pengembalian Hendra yang gagal diantisipasi oleh Zhang/Ou membuat The Daddies memastikan tiket perempat final.

Pada game ketiga tersebut, terjadi adu setting yang luar biasa. Sampai akhirnya, Hendra/Ahsan menang dengan skor yang sangat jarang terjadi, 30-29.

“Sebetulnya kami nggak merasa surprise, mereka memang pemain yang bagus. Zhang punya pengalaman dan permainan depannya nge-cover banget. Ou di belakang pun serangannya keras. Jadi memang dua-duanya bagus,” kata Hendra dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Jawa Pos.

“Pergerakan mereka lebih cepat, mereka unggul di pergerakan. Makanya di game kedua kami coba ikuti pergerakan mereka, berani ngadu, jangan banyak angkat bola, lebih unggul di bola depan,” tambah Ahsan.

Zhang Nan pernah menjadi pemain elite Tiongkok. Dia adalah peraih dua emas Olimpiade. Yakni di London 2012 (ganda campuran) dan Rio de Janeiro 2016 (ganda putra). Zhang berpasangan dengan Ou mulai tahun ini. Ganda ini sekarang berada di ranking 27 dunia dan banyak mengikuti turnamen-turnamen hingga level Super 100. Bulan lalu, mereka menjadi juara Yuzu Indonesia Masters di GOR Ken Arok, Malang.

“Saya baru pertama kali mengalami tanding sampai skor 30, kalau Koh Hendra kayaknya sih sudah pernah dulu. Tadi sih sudah pasrah ya, karena sudah 29-29, takdirnya menang atau kalah, ya cuma dua itu saja. Sudah unggul jauh tadi, kami kekejar. Di saat kritis tadi, pola pikir diatur juga, ini kan belum game, jadi coba terus,” tambah Ahsan.

Hendra/Ahsan menyusul langkah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang sudah lebih dulu melaju ke perempat final. Sedangkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dikalahkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia dengan skor 21-13, 18-21, 16-21.

Dengan hasil ini, Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan Aaron/Soh di perempat final besok. Ini adalah ulangan final All England 2019.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads