alexametrics

Rossi, Marquez Tak Finis, GP Catalunya Sarat Kutukan pada Rider Senior

7 Juni 2021, 21:03:51 WIB

JawaPos.com − Kans Fabio Quartararo mengulang kemenangan di GP Catalunya tahun lalu sebenarnya cukup besar. Pembalap Monster Yamaha asal Prancis itu jadi yang terdepan dalam sesi kualifikasi. Tetapi, yang terjadi kemarin bak antiklimaks. Quartararo harus finis di posisi keempat.

Kegagalan El Diablo −julukan Quartararo− kemarin juga diwarnai kontroversi. Sebenarnya dia menyudahi race dengan finis ketiga. Tetapi, akhirnya posisinya melorot ke tempat keempat lantaran dihukum penalti 3 detik.

Pemicunya, dia melakukan shortcut di tikungan pertama dan kedua ketika memasuki lap ke-23. Quartararo melebar ketika berusaha menyalip pembalap Pramac Ducati Johann Zarco.

Aksi kontroversial pembalap 22 tahun itu sebenarnya sudah terjadi satu putaran sebelumnya. Yakni, ketika dia sempat membuka baju balapnya. Aksi tersebut ditengarai lantaran ada gangguan pada airbag di pelindung dada baju balapnya.

Serangkaian kendala tersebut mampu dimanfaatkan pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira yang bablas juara. Kemenangan kemarin merupakan yang pertama bagi pembalap asal Portugal sekaligus KTM tahun ini tersebut. Padahal, Oliveira memulai race dari posisi keempat. Atau bertukar posisi dengan Quartararo pada akhir race.

Memang, hasil kemarin belum menggoyahkan posisi Quartararo di puncak klasemen. Tetapi, jarak dengan pembalap di bawahnya menyempit. Kini, Zarco yang ada di posisi runner-up hanya defisit 17 poin dari Quartararo (101 poin berbanding 118 poin).

Editor : Ainur Rohman

Reporter : io/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads