alexametrics

Debutan, Tak Banyak Berlatih, Berkeringat, tapi Langsung Menang

7 April 2020, 08:00:30 WIB

JawaPos.com – Balapan virtual ternyata tak semudah yang dibayangkan Charles Leclerc. Meski sukses meraih kemenangan pada penampilan debutnya di GP Vietnam dini hari kemarin (6/4), bintang Ferrari tersebut mengaku sampai berkeringat sepanjang lomba demi menjaga konsentrasinya tetap optimal.

”(Memang, Red) tidak ada G Force seperti saat mengendarai mobil (F1) asli. Tapi, aku tetap mengeluarkan banyak keringat. Otot-otot juga tidak sakit, tapi konsentrasi yang dibutuhkan sama besarnya seperti balapan sungguhan,” terang pembalap 22 tahun tersebut dilansir Crash.

Leclerc mengaku baru belajar balapan virtual tersebut sepekan menjelang race. Itu pun tidak terlalu intensif. Pada lomba itu, Leclerc turun dengan bendera FDA Hublot Esports bersama adiknya Arthur Leclerc yang juga pembalap Formula 3.

Balapan daring kedua F1 tersebut bertajuk Virtual Vietnam Grand Prix. Jadwalnya memang disesuaikan dengan balapan F1 yang sebenarnya, yakni GP Vietnam.

Balapan tersebut akhirnya ditunda akibat pandemi Covid-19 yang belum teratasi. Namun, balapan kemarin menggunakan lokasi sirkuit virtual Albert Park, Melbourne, karena sirkuit jalanan Hanoi, Vietnam, belum tersedia di videogame.

Leclerc mengaku berlatih sekitar lima jam sehari dalam sepekan terakhir. Persiapan itu menjadi lebih fokus karena adanya gerakan untuk tinggal di rumah guna memutus persebaran virus korona baru.

Pembalap Monako tersebut juga melakukan simulasi balapan dengan menggelar mabar (main bareng) bersama dua pembalap F1 lain, yakni George Russell dan Alexander Albon.

”Haha.. Kemenangan pertama musim ini. Aku berharap kami bisa menciptakan sedikit kebahagiaan di tengah masa sulit ini,” tulis Leclerc di akun sosial medianya.

Finis di posisi kedua adalah pembalap muda dari akademi balap Renault Christian Lundgaard. Sementara itu, Russell yang turun untuk tim Williams akhirnya finis ketiga.

Lando Norris yang dikenal sebagai jagonya balapan virtual malah ketimpa apes kemarin. Pembalap 20 tahun tersebut gagal ikut balapan karena koneksi komputernya hingga perangkat lunak permainan itu mengalami uninstall.

Komentator yang memandu acara tersebut langsung mengumumkan bahwa Norris mengalami system error. Pembalap asal Inggris itu akhirnya hanya bisa menyaksikan balapan tanpa ikut berpartisipasi. Tapi, dia tetap ikut live streaming dengan menggunakan aplikasi Twitch bersama pembalap lain.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c25/cak



Close Ads