alexametrics

Hasil Balapan F1 GP Arab Saudi: Seru, Poin Hamilton-Verstappen Setara

6 Desember 2021, 07:23:21 WIB

JawaPos.com – Persaingan perebutan gelar juara dunia Formula 1 2021 dipastikan bakal ditentukan di seri pemungkas GP Abu Dhabi 12 Desember mendatang.

Itu setelah bintang Mercedes Lewis Hamilton sukses memenangi GP Arab Saudi yang diwarnai tiga kali start, dua kali safety car, dan sejumlah drama termasuk penalti 10 detik yang dijatuhkan kepada pemuncak klasemen Max Verstappen (Red Bull).

Penalti tersebut dijatuhkan karena Verstappen dianggap melakukan manuver yang membahayakan pembalap lain (Hamilton) saat dia melakukan pengereman mendadak di trek lurus menuju tikungan 27.

Hal itu menyebabkan Hamilton tak bisa mengendalikan mobilnya hingga menabrak bagian belakang mobil Verstappen. Akibatnya sayap depan bagian kanan mobil Hamilton rusak.

Insiden ini bermula ketika Verstappen dan Hamilton terlibat duel wheel-to-wheel setelah restart pertama. Verstappen yang sedang mendapat tekanan dari Hamilton menutup jalur lawan meski sejatinya mobilnya sudah kalah posisi.

Setelah Hamilton berhasil menyalip, Verstappen yang nyaris kehilangan kendali mobilnya, mengambil jalur luar trek untuk merebut kembali posisi terdepan.

Manuver tersebut salah, sehingga Red Bull memintanya mengembalikan posisi terdepan kepada Hamilton.

Nah, ketika akan memberi jalan kepada Hamiltonn tersebut Verstappen dianggap melakukan pengereman terlalu dalam dan mendadak. Sehingga Hamilton menabrak bagian belakang mobilnya.

”Pada tikungan 21 pembalap nomor 33 (Verstappen) diinstruksikan untuk menyerahkan posisinya kepada mobil 44 (Hamilton) dan diberi tahu oleh tim agar melakukannya dengan strategi,” tulis pernyataan stewards atau pengawas balapan.

”Mobil 33 mengurangi kecepatan secara signifikan pada tikungan 26. Tetapi tidak ada pembalap yang ingin merebut posisi terdepan sebelum memasuki zona DRS jalur 3,” tambahnya.

Penalti 10 detik itu membuat gap Verstappen dengan Hamilton yang awalnya 11 detik menjadi 21 detik. Meski begitu, Verstappen tetap berhak finis di urutan kedua.

Di posisi ketiga pembalap Mercedes Valtteri Bottas finis dengan jarak 27 detik.

Dengan hasil tersebut Hamilton yang juga berhasil meraih lap tercepat berhasil menyamakan kedudukan poin dengan Verstappen. Yakni 369,5 poin.

Verstappen tetap memimpin klasemen karena jumlah kemenangannya lebih banyak dari Hamilton. Yakni 9 berbanding 8.

Dengan demikian, penentuan juara Formula 1 2021 akan ditentukan di seri terakhir GP Abu Dhabi.

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads