Persiapan Sudah 85 Persen, Cabor Boccia Waspadai Thailand

06/09/2018, 17:08 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
BERLATIH: Sejumlah atlet Boccia tengah berlatih di YAPC Solo, Kamis (6/9). (Ari Purnomo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com -  Para atlet para games untuk cabang olahraga (Cabor) Boccia terus melakukan latihan di YPAC Solo . Sampai saat ini persiapan atlet Cabor yang mengedepankan akurasi tersebut sudah mencapai 85 persen. Untuk sisa waktu yang ada ini latihan akan difokuskan pada masalah psikologis atlet dan juga adaptasi vaneu yang akan digunakan nantinya. 

Untuk diketahui, Boccia merupakan olahraga ketepatan. Cara bermainnya dengan melempar bola. Bolanya berdiameter 100 milimeter, dengan berat 275 gram.

Pelatih Boccia, Andrian Margatha Kasi, 25, mengatakan, olahraga Boccia adalah permainan akurasi. Dalam olahraga ini yang ditekankan adalah akurasi yang tepat dan juga konsistensi. "Ini melatih konsentrasi penuh dan koordinasi antara mata dan tangan yang baik, tetapi IQ nya juga harus baik juga. Dan sampai dengan sekarang persiapan sudah sampai 85 persen," urainya. 

Andrian mengatakan, untuk atlet sudah cukup bagus dan sudah bisa konsisten dengan akurasinya. Akan tetapi, yang tidak kalah penting adalah adaptasi para atlet terhadap venue yang akan digunakan untuk pertandingan.

Termasuk juga melihat suasana di dalam veneu tersebut. Menurut Andrian, permasalahan psikologis menjadi hal yang paling utama yang bisa menentukan keberhasilan dari para atlet tersebut. "Tinggal nanti adaptasi dengan vaneu, melihat suasananya kemudian masalah psikologis dan lingkungan saat pertandingan," katanya.

Disinggung mengenai lawan yang perlu diwaspadai, menurut Andrian adalah Thailand. Selama ini Thailand mempunyai atlet Boccia yang cukup bagus. Selain Thailand ada juga Korea, Tiongkok, dan juga Hongkong.

Salah seorang atlet Boccia, Febriyanti Vani Rahmawati,16, mengatakan, bahwa untuk persiapan dirinya sudah siap. Vani begitu ia akrab disapa, siap untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia. "Saya selalu bersemangat dan siap untuk bertanding," ucapnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi