alexametrics
US Open 2020

Masih Khawatir, Mantan No 1 Dunia dan Juara Bertahan Memilih Mundur

6 Agustus 2020, 14:51:50 WIB

JawaPos.com – Satu lagi kontestan penting grand slam Amerika Serikat (AS) Terbuka undur diri. Kali ini adalah sang juara bertahan tunggal putra, Rafael Nadal.

Petenis Spanyol tersebut menyatakan mundur karena mengaku masih khawatir terbang ke AS dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum reda.

’’Ini adalah keputusan yang tidak pernah ingin aku ambil. Tapi kali ini aku ingin mengikuti kata hati. Untuk beberapa waktu ke depan aku tidak akan melakukan perjalanan ke mana-mana,’’ ucap petenis kidal tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

Nadal melanjutkan, setelah memperhatikan kondisi terakhir, dia dan tim merasa persebaran Covid-19 belum bisa dikontrol. Angka penderitanya masih sangat tinggi. Terlebih di New York. Meski demikian, dia menyatakan respek setinggi-tingginya kepada federasi tenis AS (USTA) yang berkomitmen menyelenggarakan acara untuk menghibur fans melalui televisi.

Sebab, selain turnamen yang batal selama awal hingga pertengahan tahun, event yang baru dijadwal ulang pun terpaksa dibatalkan. Salah satunya, Madrid Open yang direskedul pada September.

’’Kita tahu bahwa berkurangnya kalender turnamen sangat barbar. Setelah empat bulan tidak ada event sama sekali, aku sangat berterima kasih kepada USTA yang memastikan AS Terbuka tetap berlangsung,’’ papar Nadal.

Tanpa Nadal, berarti daya tarik AS Terbuka tinggal petenis nomor satu dunia Novak Djokovic. Nama besar lain, Roger Federer sudah lebih dulu menyatakan tidak tampil.

So, ini adalah kali pertama dalam 21 tahun, sebuah grand slam tidak diikuti Nadal dan Federer sekaligus. Sebelumnya, hal itu terjadi pada 1999.

Pekan lalu, peringkat satu dunia sektor tunggal putri Ashleigh Barty lebih dulu menyatakan tidak akan ambil bagian di AS Terbuka tahun ini. Alasannya sama dengan Nadal.

Sebelumnya lagi, dua pekan lalu, petenis Swiss Stanislas Wawrinka juga sudah memastikan tidak berangkat ke New York.

Dalam entry list AS Terbuka yang dirilis Selasa lalu, Djokovic ditemani enam petenis 10 besar dunia. Di antaranya, peringkat ke-3 dunia Dominic Thiem, peringkat ke-5 Daniil Medvedev (sekaligus finalis tahun lalu), dan peringkat ke-6 Stefanos Tsitsipas.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c13/na




Close Ads