alexametrics

Pol Espargaro Makin Dekat Menuju Honda

6 Juni 2020, 21:45:30 WIB

JawaPos.com – Bursa perekrutan pembalap menuju MotoGP musim 2021 memanas. Kabarnya, tim juara dunia Repsol Honda berminat mendatangkan Pol Espargaro ke paddock mereka.

Espargaro disiapkan menjadi tandem Marc Marquez yang sebelumnya mendapat perpanjangan kontrak empat tahun bersama tim pabrikan asal Jepang.

Rumor keterkaitan Espargaro dan Honda berembus sebulan terakhir. Kini, rumor tersebut mendekati kenyataan. Espargaro dilaporkan bakal mendapat kontrak dua tahun bersama Honda. ’’Honda adalah motor yang agresif. Jadi, aku harus beradaptasi dengan gaya membalapku,’’ katanya, seperti dilansir situs resmi MotoGP Mei lalu.

Rider Spanyol itu turut membantu KTM untuk mengembangkan performa motor tim asal Austria tersebut sejak 2017. Potensi Espargaro yang pernah menjuarai kelas Moto2 pada 2013 rupanya membuat Honda kepincut.

Lantas, bagaimana masa depan Alex Marquez? Motorsport menurunkan laporan terkait peluang Alex untuk tampil bersama LCR Honda musim depan. Dia akan mendapat dukungan penuh dari HRC (Honda Racing Corporation).

Artinya, salah seorang rider LCR saat ini, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami, bakal terdepak.

Manajer Tim LCR Honda Lucio Cecchinello kepada MotoGP.com mengatakan, timnya sedang melakukan perundingan dengan Crutchlow dan Nakagami untuk memperbarui kontrak musim depan.

Namun, seiring perkembangan terkini di kubu Honda, proses negosiasi bisa saja dihentikan demi mengakomodasi Alex.

Alex yang juga adik kandung Marc berupaya tampil hebat pada musim 2020. Itu untuk menjawab keraguan bahwa dia bergabung dengan Honda semata-mata karena faktor sang kakak.

Yang perlu diingat, sama seperti kakaknya, Alex tercatat sebagai juara kelas Moto2 pada musim 2019 dan Moto3 pada 2014. Bahkan, Alex berupaya menapaktilasi jejak Marc untuk menjadi juara bersama Honda di kelas premier MotoGP.

Di sisi lain, Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig berusaha meredam kabar yang berdedar. Dia menegaskan, belum ada pembalap selain Marc Marquez yang menandatangani kontrak dengan timnya untuk musim depan.

’’Musim ini kami tidak berproses lewat jalur yang semestinya, merujuk kondisi saat ini (pandemi Covid-19),’’ ujar Puig, seperti dilansir Crash. ’’Tapi, bukan berarti Honda berhenti merancang masa depan terbaik untuk seluruh pembalap kami,’’ lanjutnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c18/tom



Close Ads