Jalan Terjal Eko Yuli Agar Bisa Tampil di Olimpiade 2020

05/09/2018, 09:22 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Eko Yuli belum pasti tampil di Olimpiade 2020 meski meraih medali emas di Asian Games 2018 (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan, bakal melewati jalan terjal untuk dapat tampil di Olimpiade 2020 Jepang. Eko Yuli memang meraih medali emas di Asian Games 208. Namun, bukan berarti dia akan bisa melenggang ke Olimpiade 2020. Pasalnya nomor angkat besi yang biasa dimainkannya yakni 62 kg berubah dalam event olahraga terakbar tersebut.

Tentu saja hal itu dapat memupuskan harapan Indonesia untuk dapat bersinar dalam Olimpide 2020. Sebab Eko Yuli merupakan salah satu atlet yang kerap diunggulkan untuk dapat meraih emas.

"Itu aturan internasional federasi dunia, jadi kami harus ikuti. Dengan berubah nomornya, atletnya sudah tahu, tinggal bagaimana mengaturnya," ucap Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi, Mulyana di Gedung Kemenpora.

Deputi IV Kemenpora Bidang Peningkatan Prestasi, Mulyana (Bintang Rahmat/JawaPos.com)

"Kalau Eko ingin turun ke nomor yang lebih rendah tinggal tergantung atletnya saja. Sekarang tinggal bagaimana teman-teman atlet, khususnya yang cabor angkat besi menyikapinya," sambungnya.

Tidak hanya itu saja, langkah Eko Yuli untuk terjun ke Olimpiade makin sulit dengan adanya kualifikasi. Sebab tidak sembarang atlet dapat ikut bertanding dalam kompetisi sekelas Olimpiade.

Jadi nantinya semua atlet harus terlebih dahulu bertanding di kualifikasi untuk menentukan poin. Poin itu yang kemudian akan menjadi parameter layak atau tidaknya seorang atlet untuk masuk ke Olimpiade 2020.

Dengan kata lain sebelum bisa masuk, Eko Yuli harus beradu poin dengan para atlet angkat besi lainnya. Hal ini tentunya menambah rintangan yang harus dihadapi olehnya.

Kendati demikian, Mulyana mengatakan bahwa tiap cabang olahraga memiliki peraturan sendiri terhadap kualifikasi Olimpiade. Dia mencontohkan cabor hoki.

Berdasar federasi hoki Asia, atlet yang berhasil meraih medali emas di Asian Games 2018 otomatis lolos dari kualifikasi. Dengan begitu langkah atlet untuk tampil di Olimpiade 2020 jadi lebih mudah.

(mat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi