alexametrics

Satu Musim Liga Tertinggi Voli Nasional Terselenggara Dalam Sebulan

5 Agustus 2020, 21:50:38 WIB

JawaPos.com – Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) bersama PT Proliga sudah merilis jadwal Proliga 2021. Kompetisi tersebut berlangsung mulai 31 Januari hingga 28 Februari 2021, di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Proliga Hanny S. Surkatty ketika memimpin rapat pertama persiapan Proliga 2021 yang berlangsung secara virtual, Rabu (5/8). Rapat diikuti klub-klub peserta Proliga 2020.

Sebelumnya, Proliga 2020 dihentikan setelah putaran kedua reguler. Tepatnya pada 11 sampai 13 Maret 2020 yang berlangsung di Yogyakarta. Penghentian itu dilakukan setelah merebaknya pandemi Covid-19.

Berbeda dengan kompetisi Proliga tahun-tahun sebelumnya, musim kompetisi yang akan memasuki tahun ke-20 tersebut hanya berlangsung di satu tempat, yakni Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Jawa Barat.

Selain itu, pada kompetisi nanti, hanya dilangsungkan dua pekan babak reguler dan satu pekan semifinal serta kemudian langsung final.

Hanny menyebutkan, Proliga 2021 memang berbeda, dampak dari pandemi Covid-19. “Kami tetap memutar Proliga 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia,” kata Hanny dalam siaran pers PBVSI.

Akan tetapi, menurut Hanny, peraturan ini hanya berlaku pada Proliga 2021. “Kalau keadaan sudah membaik, nantinya kita akan kembali seperti biasa,” tuturnya.

Alasan menggunakan satu tempat, lanjut Hanny, disebabkan karena perhelatan Proliga berlangsung tanpa penonton. “Kalau tanpa penonton buat apa pindah-pindah tempat? Di satu tempat, tim jadi hemat, panitia juga jadi lebih hemat. Dan, semua pertandingan disiarkan secara langsung TV nasional dan live streaming,” ucap Hanny.

Seluruh panitia dan petugas lapangan akan diisolasi di padepokan voli milik PP PBVSI itu selama pelaksanaan. Selain itu, seluruh pihak yang terlibat, baik pemain, ofisial tim, petugas lapangan, dewan hakim, SRC, wasit, maupun panitia, harus melakukan tes bebas covid-19. “Jadi area padepokan benar-benar steril,” ucap Hanny.

Pada musim ini, setiap tim hanya diperkenankan menggunakan maksimal satu pemain asing. Pada musim kompetisi sebelumnya, pemain asing di setiap tim maksimal dua orang.

Sedangkan pemain lokal akan ada peraturan batasan gaji dengan beberapa kategori. Di antaranya pemain non tim nasional, pemain tim nasional, dan pemain nasional yang bermain di internasional.

“Hal ini diterapkan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dari klub-klub peserta Proliga di dalam memberikan gaji kepada pemainnya,” ucapnya.

Putaran pertama Proliga 2021 akan berlangsung 31 Januari sampai 7 Februari 2021. Final putri berlangsung pada 27 Februari. Sedangkan final putra terselenggara pada 28 Februari.

Editor : Ainur Rohman

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads