alexametrics

Atlet Indonesia akhirnya Mendapatkan Haknya Berupa Perak Olimpiade

5 Juli 2022, 23:20:49 WIB

JawaPos.com-Citra Febrianti akhirnya mendapatkan medali perak yang diraihnya pada Olimpiade London 2012. Penyerahan realokasi medali bagi mantan lifter putri Indonesia itu berlangsung pada perayaan Olympic Day 2022 September mendatang.

Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry J. Kono menyatakan, Komite Olimpiade Internasional (IOC) memiliki regulasi penyerahan realokasi medali Olimpiade sebagaimana usulan Komisi Atlet IOC yang disetujui Dewan Eksekutif IOC pada Mei 2018.

Atlet ”clean” yang berhak atas medali Olimpiade memiliki hak mendapatkan seremoni penyerahan medali.

Dia menyebutkan, ada enam aturan seremoni realokasi medali. Yaitu, di Olimpiade selanjutnya, Olimpiade Remaja (Youth Olympic),

Markas Besar IOC atau Museum Olimpiade, NOC Function, Event atau IF Function, dan terakhir di seremoni yang bersifat privat.

”Seremoni ini dilakukan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada atlet yang telah bersaing sehat tanpa doping,” kata Ferry.

Menurut dia, NOC Indonesia baru menerima medali perak dan sertifikat milik Citra dari IOC pada Februari 2021. Namun, pihaknya tidak bisa langsung menyerahkannya kepada Citra karena ada regulasi seremoni realokasi medali Olimpiade yang diatur IOC.

”Sejak awal kami berkomitmen memperjuangkan hak Citra. Namun, yang harus dipahami penyerahan medali tetap harus mengikuti aturan IOC,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Citra tampil di kelas 53 kg putri pada Olimpiade London 2012 dan menempati ranking ke-4. Namun, dia berhak atas realokasi medali perak.

Sebab, IOC mendiskualifikasi peraih medali emas Zulfiya Chinshanlo (Kazakhstan) pada 19 Oktober 2016 dan peraih perunggu Cristina Iovu (Moldova) pada 10 November 2016.

Keduanya terbukti positif doping berdasar klasifikasi baru Federasi Angkat Besi Internasional (IWF). Karena itu, Citra otomatis naik dua peringkat.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c14/bas

Saksikan video menarik berikut ini: