alexametrics

Moto2 Tahun Ini, Menjadi Sejarah Debut Bagi Rider Harapan Indonesia

5 Maret 2020, 18:54:10 WIB

JawaPos.com-Persebaran virus Covid-19 yang menebar ancaman ke penjuru dunia memaksa penggila MotoGP bersabar lebih lama. Akibat aturan tentang kewajiban karantina selama 14 hari bagi warga negara asing yang datang dari negara-negara terjangkit virus, seri pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar resmi dibatalkan.

Beruntung bagi tim peserta di kelas Moto2 dan Moto3. Mereka sudah tiba di Qatar sekitar dua pekan sebelum aturan karantina itu diberlakukan.

Mereka datang untuk melakukan uji coba pramusim terakhir sebelum musim balapan pembuka digelar akhir pekan ini. Alhasil, dua kategori tersebut akan tetap digelar dengan pengetatan pada berbagai aturan.

Dan Moto2 seri Qatar 8 Maret nanti menjadi sejarah bagi perjalanan karir rider gemblengan Astra Honda Racing Team (AHRT) Andi Farid Izdihar. Tahun ini dia bergabung dengan Honda Team Asia menggantikan Dimas Ekky Pratama.

Sepanjang tes pramusim di Qatar, Gilang –sapaan Andi– terus mengalami perbaikan catatan waktu. Meski demikian, dia masih harus terus beradaptasi dengan motor Triumph 756 cc yang baru kali pertama dia tunggangi tahun ini.

’’Alhamdulillah, selesai tiga hari tes, step-by-step. Terima kasih untuk tim, seluruh staf, dan kru Honda Team Asia,’’ tulisnya di akun Instagram.

Tahun ini dia akan bertandem dengan rider Thailand Somkiat Chantra yang melakoni musim keduanya di Moto2.

Fans tanah air berharap Gilang mampu tampil lebih baik dari pendahulunya, Dimas Ekky, yang juga tampil membela tim yang sama tahun lalu. Dimas finis terbaik di posisi ke-18 dan belum berhasil mencetak poin.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c17/cak

Saksikan video menarik berikut ini: