alexametrics
BWF World Tour Finals 2021

Shuttlecock Kena Badan, Marcus Fernaldi Gideon Akui Wasit Salah

4 Desember 2021, 22:09:14 WIB

JawaPos.com-Ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil lolos ke final BWF World Tour Finals 2021. Tiket tersebut diraih setelah mereka mengandaskan ganda Taiwan Lee Yang/Wang Chi-lin pada laga semifinal.

Bertanding di Bali International Convention Center & Westin Resort, hari ini (4/12), Marcus/Kevin menang dalam rubber game dengan skor 18-21, 23-21, 21-17. Laga itu berlangsung dalam tempo 1 jam dan 1 menit.

Selepas pertandingan, Marcus memberikan apresiasi untuk lawannya. Menurut Marcus, dia menganggap pasangan Lee/Wang kali tampil lebih berbeda. Dan banyak serangan yang dibangun oleh peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 itu, nyatanya sangat menyulitkan Marcus/Kevin.

“Mereka bermain dengan tenaga yang cukup banyak, saat bermain terlihat tenaganya kencang banget. Kami sudah mencoba melakukan yang terbaik pada laga ini,” kata Marcus dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Senada dengan Marcus, Kevin juga mengakui bahwa penampilan Lee/Wang lebih baik ketimbang laga penyisihan grup. Bagi Kevin, kemampuan ganda putra nomor tiga dunia itu sangat luar biasa.

Pada babak penyisihan fase Grup A, Lee/Wang kalah dalam straight game dengan skor 23-21, 21-19. “Saya juga merasa bahwa mereka lebih baik dari pertemuan sebelumnya. Kami hanya ingin bermain mengeluarkan permainan yang terbaik pada setiap pertandingannya,” ucap Kevin.

Pada pertandingan ini, laga sempat memanas pada game ketiga di saat kedudukan 14-11. Pasangan Lee/Wang melancarkan protes kepada wasit karena menganggap shuttlecock menyentuh badan Marcus lebih dulu sebelum keluar lapangan.

Namun wasit menganggap bola itu keluar. Lee/Wang yang merasa bola tersebut mengenai tubuh Marcus lantas melancarkan protes kepada wasit. Wasit tidak mempedulikan protes Lee/Wang dan tetap memberikan poin untuk Marcus/Kevin.

Marcus pun akhirnya buka suara terkait hal itu. Dirinya tetap menghormati keputusan wasit apapun yang terjadi.

“Sebenarnya mengenai saya, saya sudah bilang kepada wasit kalau shuttlecock terkena saya. Tetapi wasit tetap pada keputusannya. Masa poin dibatalkan?” jawab Marcus.

Berkat kemenangan ini, Marcus/Kevin akan kembali berhadapan dengan ganda Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi pada partai final. Ini adalah pertemuan ketiga beruntun di Bali. Sebelumnya, mereka berduel pada Indonesia Masters dan Indonesia Open. Hoki/Kobayashi menang di Indonesia Masters. Sedangkan Marcus/Kevin unggul di Indonesia Open.

Hoki/Kobayashi meraih tiket final dengan mengandaskan ganda Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dalam straight game dengan skor 21-18, 21-15.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : PP PBSI

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads