BWF World Tour Finals 2021

Lolos ke Final, Rising Star Jepang Puji Permainan No 1 Indonesia

4 Desember 2021, 14:09:01 WIB

JawaPos.com-Ganda putri rising star Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida tampil luar biasa sepanjang ajang Indonesia Badminton Festival 2021.

Matsuyama/Shida yang menjadi juara Indonesia Masters 2021 dan Indonesia Open 2021, melaju ke final World Tour Finals 2021. Tiket tersebut didapat setelah mereka mengalahkan ganda putri nomor satu Indonesia dan peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Bertanding di Bali International Convention Center & The Westin Resort, Nusa Dua, Sabtu (4/12), Matsuyama/Shida mengalahkan Greysia/Apriyani dalam rubber game ketat dengan skor 21-14, 13-21, 23-21. Laga ini berjalan selama 1 jam 16 menit.

Pada pertandingan, Matsuyama/Shida memang terus mengambil inisiatif penyerangan sejak awal laga. Serangan yang dibangun Matsuyama/Shida berbuah manis hingga menang di game pertama dengan skor 21-14.

Pada game kedua, ganda nomor tujuh dunia itu kurang fokus hingga akhirnya kandas dengan skor telak 13-21. Namun pada game ketiga, Matsuyama/Shida menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya. Dalam situasi sama kuat 21-21, mereka berhasil mencetak dua angka beruntun dan menutup kemenangan dengan skor 23-21.

“Pada pertandingan ini kami belajar dari setiap pertandingan sebelumnya. Kami mencoba mengeluarkan permainan terbaik, dengan mencoba menekan perlahan-lahan untuk keluar sebagai pemenang,” ungkap Shida dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Pada pertandingan ini, Matsuyama mengaku banyak mendapat tekanan dari Greysia/Apriyani. Pemain kelahiran 28 Juni 1998 itu mengakui dirinya bermain kurang begitu maksimal dalam menyerang dan bertahan. “Pukulan saya kurang maksimal sehingga banyak diserang,” ungkap Matsuyama.

Shida menambahkan bahwa dirinya mengaku sempat terbawa pola permainan Greysia/Apriyani di game kedua dan sulit menemukan pola permainan terbaiknya. Shida pun mengatakan bahwa di game ketiga, mereka berusaha bermain agresif untuk membalikkan keadaan.

Matsuyama/Shida mengaku senang bisa bertahan hingga pekan ketiga di Bali. Mereka memberikan apresiasi kepada peraih emas Olimpiade Tokyo 2020 yang bermain sangat baik. “Mereka bermain bagus kali ini, walaupun agak kurang cermat saat bermain reli panjang,” ujar Matsuyama.

Pada partai final, Matsuyama/Shida akan berhadapan dengan ganda Korea Selatan Kim So-yeong/Kong Hee-yong. Kim/Kong lolos ke partai puncak karena ganda asal Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva mundur akibat mengalami cedera.

Menghadapi Kim/Kong, Shida mengaku akan tampil all out. Pasalnya, setelah nyaris tiga pekan bertanding di Bali, keduanya belum mengeluarkan performa secara utuh.

Selain itu, Matsuyama/Shida belum pernah menang dari dua pertemuan melawan Kim/Kong. “Sudah tiga pekan di sini, sudah waktunya tampil habis-habisan. Apalagi melawan Kim/Kong, harus tampil all out,” ujar Shida.

“Saatnya untuk revans. Kami keluarkan segenap kemampuan untuk melawan Kim/Kong. Perbaiki fisik dan power agar bisa maksimal besok,” ucap Matsuyama.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : PP PBSI

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads