alexametrics
SEA Games 2019

Hebat, Tim Angkat Besi Indonesia Kirim 10 Atlet, Semuanya Dapat Medali

4 Desember 2019, 21:38:39 WIB

JawaPos.com-Tim angkat besi Indonesia sukses besar pada SEA Games 2019.

Memancangkan target tiga emas, Eko Yuli Irawan dkk justru pulang dengan senyum lebih lebar karena berhasil mendulang empat emas.

Total, kontingen Indonesia meraup 4 emas, 1 perak, dan 5 perunggu. Dalam daftar klasemen akhir angkat besi, Merah Putih berada di tempat kedua setelah Vietnam (4 emas, 5 perak, dan 1 perunggu).

Lifter Rahmat Erwin Abdullah menjadi penutup manis pencapaian Indonesia di Manila. Turun pada kelas 73 kg, lifter yang baru berusia 19 tahun itu mampu naik podium tertinggi.

Dia mencatatkan total angkatan terbaik 322 kg (snatch 145 kg dan clean and jerk 177 kg).

Erwin unggul jauh atas saingan terdekatnya, Pham Tuan Anh asal Vietnam.

Mendapatkan perak, Pham cuma membukukan angkatan 304 kg (snatch 136 kg dan clean and jerk 168 kg).

Lifter Malaysia Muhammad Erry Hidayat mendulang perunggu dengan total angkatan 300 kg (snatch 132 kg, clean and jerk 168 kg).

“Waktu snatch masih santai sih, tapi ketika clean and jerk Vietnam sempat menembak angkat tinggi namun gagal. Sehingga saya mencatatkan angka tertinggi,” kata pria kelahiran 3 Oktober 2000 ini seperti dilansir dari Antara.

Putra mantan lifter nasional Erwin Abdullah itu berharap akan terus berkembang.

Sebab, angkatan 322 kg pada kelas 73 kg sejatinya sangat rendah. Rekor dunia pada nomor itu menembus 363 kg yang dipegang lifter asal Tiongkok Shi Zhiyong.

Jadi, Erwin yang notabene pemilik dua rekor dunia junior tersebut harus bekerja dengan sangat keras agar bisa berkompetisi pada level elite dunia.

“Emas ini saya persembahkan buat keluarga di Makassar, serta orang tua dan tentunya bangsa, dan negara. Dan ke depannya, bisa lebih baik lagi,” tegasnya.

Pada SEA Games 2019, Indonesia menurunkan 10 lifter. Dan yang luar biasa, semuanya, mendapatkan medali. Empat emas Indonesia didulang oleh Eko Yuli Irawan (61 kg), Deni (67 kg), dan Erwin (73 kg).

Sedangkan dari sektor putri, emas disumbagkan lifter 17 tahun Windy Cantika Aisah di kelas 49 kg.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads